PT TKDN Luncurkan Sistem ITCS untuk Bantu Atasi Kemacetan dan Sudah Lolos Verifikasi

JABAR EKSPRES – Intelligent Traffic Control System (ITCS) yang diproduksi oleh PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (PT TKDN) telah mendapatkan Sertifikat Verifikasi, Validasi dan Evaluasi dari Asosiasi Sistem Transportasi Cerdas Indonesia (ITS Indonesia).

Sistem ITCS ini akan digunakan untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas, mengurangi kemacetan dan meningkatkan efisiensi lalu lintas di Kota Solo, Jawa Tengah.

PT TKDN langsung mendatangi kantor Walikota Surakarta untuk melaporkan hasil inspeksi dan sertifikasi sistem ITCS kepada Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

BACA JUGA : KPK Selidiki TPPU eks Dirut Amarta Karya Melalui Pembelian Emas

“Penerapan teknologi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas ini sangat bagus, sehingga dapat mendorong masyarakat untuk bermobilisasi menggunakan angkutan umum,” kata Gibran dikutip dari Antara, Selasa (22/8)

Sementara itu, Direktur Utama PT TKDN David Santoso mengatakan pihaknya berharap ITCS di Solo dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia yang dapat mengembangkan sistem pemantauan lalu lintas yang modern dan lebih efisien.

“Selain itu, teknologi ITCS kami sudah teruji dan dapat disesuaikan dengan kondisi lalu lintas di Indonesia,” kata David.

BACA JUGA : Syarat Batasan Usia Capres Cawapres Digugat Di Mahkamah Konstitusi

Sistem ITCS disebut mampu membantu mengurai kemacetan di persimpangan lampu merah berkat teknologi kecerdasan buatan (AI) Digital Twin 3D generasi ke-5 dan teknologi pemodelan peramalan lalu lintas AI.

Dengan teknologi ini, siklus lampu lalu lintas asli diatur untuk menghindari kemacetan di satu sisi. Teknologi ini juga akan memprioritaskan angkutan umum sehingga bisa mendapatkan lampu hijau setiap kali melintasi persimpangan.

Acara sertifikasi dilaksanakan di Central Control Room (CC Room), Manahan, Solo. Dalam acara tersebut, Kadishub Solo Ari Wibowo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT TKDN atas kerja kerasnya membangun sistem ITCS di Solo.

Dishub Solo juga berharap sistem ITCS ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Solo.

Tinggalkan Balasan