Hijaukan Jabar, Ridwan Kamil Berhasil Tanam 83 Juta Pohon Selama Menjabat Gubernur

JABAR EKSPRES Ridwan Kamil sudah berhasil menanam sekira 83 juta pohon se-Jawa Barat (Jabar) selama menjabat sebagai Gubernur Jabar. Hal tersebut diungkap dalam West Java Forest Festival 2023 yang diselenggarakan oleh pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Seperti diketahui bahwa penghijauan menjadi program pemerintah, termasuk Pemprov Jabar. Selama menjabat sebagai Gubernur Jabar, Ridwan Kamil telah berhasil menanam sekira 83 juta. Jumlah tersebut dinilai cukup banyak dan diharapkan dapat bermanfaat bagi lingkungan yang akan berdampak terhadap kehidupan manusia.

BACA JUGA: Mengenal Kawasan Rebana yang Dirancang Ridwan Kamil, Benarkah Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi Jabar?

Dalam acara tersebut juga ada gerakan penanaman bibit pohon di Taman Hutan Raya (Tahura) Dago, Kota Bandung, Jawa Barat. Selain dihadiri oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, sejumlah pihak lainnya juga turut memeriahkan acara tersebut.

Tidak hanya itu, orang nomor satu di Jabar yang akrab di sapa Kang Emil tersebut juga turut menanam puluhan pohon untuk di tanam di area Tahura Dago. Bahkan ia mengungkapkan bahwa acara tersebut merupakan bagian dari arahannya.

BACA JUGA: Apa Itu Kawasan Rebana? Masa Depan Jabar yang Dirancang Gubernur Ridwan Kamil

“Acara ini juga bagian arahan dari saya, kenapa? Karena hutan itu harus multi fungsi,” kata Ridwan Kamil di Tahura, Dago, Bandung.

Lebih lanjut, ia membeberkan bahwa sebelumnya sempat ditanya oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait penghijauan di wilayah Jabar. Kemudian, ia pun menyanggupinya untuk menanam puluhan juta pohon di Jabar.

“Saya dulu ditanya sama Pak Jokowi, untuk kesanggupannya menamam pohon. Saya pun menyanggupinya,” katanya.

Bahkan, ia mengaku bertekad, dalam lima tahun kepemimpinannya sebagai Gubernur Jabar, minimal menanam 50 juta pohon, namun kini ia justru tercatat sudah menanam sekira 83 juta pohon.

“Saya bertekad dalam 5 tahun kepemimpinan saya, minimal saya menamam 50 juta pohon. Dan hari ini saya menamam 83 juta pohon,” katanya, dikutip JabarEkspres.com pada Senin, 21 Agustus 2023.

Kang Emil menilai bahwa Upaya Pemprov dan Gubernur Jabar tidak akan berhasil jika tanpa dukungan masyarakat. Ia meminta masyarakat untuk membantu menghijaukan kembali Jabar di lahan kritis.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan