Hari Pertama WFO 50 Persen Balai Kota DKI Jakarta Tampak Sepi

JABAR EKSPRES – Setelah berlakunya kebijakan Work From Office (WFO) atau bekerja di kantor sebanyak 50 persen dan sisanya di rumah atau Work From Home (WFH), kantor Balai Kota DKI Jakarta terlihat sepi pada Senin (21/8/2023). Kebijakan tersebut diberlakukan untuk mengurangi tingginya kadar polusi udara yang sedang terjadi di Ibukota.

Beberapa ruangan di Balai Kota tampak sepi dari hari-hari biasanya, seperti di ruangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta. Sementara itu, di sisi lain terlihat sejumlah pegawai yang sedang melakukan virtual meeting menggunakan zoom.

BACA JUGA: Tekan Mobilitas Jalanan dan Polusi Udara, Pemprov Jabar Terapkan WFH untuk ASN

“Hari pertama sebagai ASN ikut kebijakan pimpinan ketika dijadwalkan WFO atau WFH. Kalau di perangkat daerah saya, aturannya selang-seling. Terus, kalau rapat ya secara virtual semuanya ikut,” ucap salah satu ASN Pemprov DKI Shendy Adam, dikutip dari ANTARA oleh Jabarekspres.com, Senin (21/8/2023).

Salah satu ASN lainnya, Koharudin, menyebutkan bahwa berlakunya kebijakan tersebut tidak berdampak pada aturan jam kerja, yakni tetap mulai pukul 07.30 WIB hingga 16.00 WIB. Seluruh ASN juga diinstruksikan untuk melakukan absensi kehadiran melalui aplikasi yang sudah disediakan pemerintah.

“Hari ini saya kebagian masuk. Misalnya ada 20 orang, berarti yang masuk 10 orang, sisanya WFH. Tapi ada ketentuan, apabila ada hal mendesak atau alasan penting untuk ASN yang sedang WFH bisa langsung hadir ke kantor,” terang Koharudin.

Dari data kompilasi ANTARA, total sekitar 120 ribu pegawai ada di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sehingga 60 ribu pegawai yang masuk ke kantor atau WFO dan sisanya di rumah atau WFH.

BACA JUGA: Mengenal Dago Elos, Daerah di Kota Bandung yang Diklaim Hak Waris oleh Keluarga Muller

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, bahwa pihak Pemprov DKI melakukan pengawasan terhadap para pegawai yang WFH melalui panggilan video atau video call.

“Pengawasannya gampang, jadi saya meminta kepada atasannya langsung untuk ‘video call’, tanya dia ada di mana? Kalau di rumah, rumahnya ada di mana?” tutur Heru di Jakarta Utara, Minggu (20/8/2023).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan