Bukan Jupiter!! Berikut Planet Terbesar di Alam Semesta

JABAR EKSPRES – Jupiter, sang raja planet dalam tata surya kita, ternyata kecil jika dibandingkan dengan planet raksasa lain di alam semesta. Berikut planet terbesar di alam semesta!!

Alam semesta menyimpan keberagaman planet dengan ukuran dan penampilan yang mengagumkan. Namun, pertanyaannya, manakah palnet yang paling terbesar di alam semesta?

Planet gas raksasa Jupiter memiliki ukuran sekitar 11 kali lipat lebar Bumi. Pada masa ketika penemuan eksoplanet masih jarang, Jupiter memegang gelar planet terbesar hingga sebelum tahun 1992.

Namun, ukuran Jupiter ternyata kalah jauh jika dibandingkan dengan planet-planet raksasa yang ditemukan belakangan ini.

Baca juga : Discord Orbiter Finance Diretas oleh Pink Drainer, Ko Bisa?

Ada dua cara utama untuk mengukur ukuran sebuah planet. Pertama, melalui diameter planet (dua kali jari-jari planet) dan kedua, melalui massa planet tersebut.

Apabila kita memandang dari segi diameter, ada eksoplanet terbesar yang memiliki diameter sekitar dua kali dari Jupiter. Solene Ulmer-Moll, seorang peneliti eksoplanet dari Universitas Jenewa, menjelaskan bahwa eksoplanet tersebut adalah objek ekstrem yang mengorbit sangat dekat dengan bintang tuannya.

Namun, lebar dan massa planet tidak selalu berkorelasi secara langsung, karena setiap planet memiliki kepadatan yang berbeda. Dalam beberapa kasus, planet dengan massa rendah bisa memiliki ukuran yang lebih besar daripada eksoplanet yang lebih berat.

Contohnya adalah HAT-P-67 b, sebuah raksasa gas yang berjarak 1.200 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini memiliki diameter dua kali lipat dari Jupiter, menjadikannya salah satu yang terbesar dalam hal diameter. Akan tetapi, kepadatannya lebih rendah daripada Jupiter, bahkan hanya sepertiga dari massa Jupiter.

Hal yang sama berlaku untuk Planet Wasp-17 b, yang memiliki diameter sekitar dua kali lipat dari Jupiter. Juga ada KELT-9b, dengan diameter sekitar 1,84 kali lipat dari Jupiter.

Sementara itu, planet berbatu tidak pernah mendekati ukuran Jupiter. Misalnya, “Bumi super,” planet batu terbesar, hanya memiliki diameter dua kali lipat dari Bumi.

“Sebagai perbandingan, Wasp-17b memiliki diameter 22 kali lipat dari Bumi,” kata Ulmer-Moll.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan