20 Alasan Orang Susah Melaksanakan Sholat Malam

JABAR EKSPRES – Sholat malam merupakan sholat sunah yang dilakukan pada malam hari. Banyak sekali keutamaan melakukan sholat malam, namun amsih banyak yang enggan melakukannya. Ada sekitar 20 alasan orang susah untuk menjalankan sholat malam.

Dari 20 alasan orang susah sholat malam ini, rata-rata ada dalam diri manusia itu sendiri, seperti kurangnya niat, tidak ikhlas, tidak khusyuk dan banyak sebab lain lagi.

Padahal jika mengetahui apa saja keutamaan atau pahala yang akan didapat jika rajin melakukan sunah sholat malam ini, maka orang akan berlomba-lomba untuk melakukannya.

Sholat malam sesungguhnya sudah bisa dilakukan setelah sholat Isya’ walaupun belum tidur terlebih dahulu. Karena sholat malam berbeda dengan sholat tahajud yang harus dilaksanakan setelah bangun dari tidur.

Baca juga : Pentingnya Membaca Surat Al Kahfi Tiap Malam Jumat, Salah Satunya Berkaitan dengan Dajjal

Hal ini sesuai dengan pernyataan Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad,

واعلم أن من صلى بعد العشاء فقد قام من الليل

Artinya: Ketahuilah, sesungguhnya orang yang shalat setelah isya’, dia termasuk menjalankan shalat malam (Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad, Risalatul Mu’awanah wal-Mudzaharah wal-Muazarah, [Darul Hawi: 1994], halaman 40).

Inilah shalat yang diperintahkan Allah kepada Nabi Muhammad saw dalam sabda-Nya:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: Dan pada sebagian malam hari, bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji (QS Al-Isra’: 79).

Keutamaan lain dari sholat malam juga disebutkan dalam hadits berikut ini, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Hendaklah kalian shalat malam, sebab itu merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, dan juga sebagai sarana mendekatkan diri kepada Rabb kalian, yang dapat menghapuskan dosa dan pencegah perbuatan dosa” (HR. At-Tirmidzi no. 3549, al-Hakim I/308 dan al-Baihaqi II/502, hadits dari Abu Umamah, Irwaa’ul Ghaliil no. 452)

Baca juga : Keutamaan Sholat Tahajud juga Cara Melakukan, dan Manfaatnya

Adapun sebab sulitnya bangun untuk shalat malam di antaranya adalah :

1. Tidak ada niat bangun shalat malam

2. Terlalu lelah dan tidak tidur siang

3. Tidak segera tidur di awal malam

4. Nyamannya tempat untuk tidur

5. Tidak ikhlas dalam beribadah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan