Cara Merawat Mobil Baru, Lakukan Ini Agar Awet!

Di banyak mobil baru, transmisi otomatis disegel. Pada kendaraan tanpa seal, periksa batang pencelup oli transmisi saat mesin hangat dan bekerja. Juga, periksa dipstick oli pompa power steering (biasanya terpasang pada tutup reservoir oli) dan level di reservoir minyak rem. Jika level minyak rem rendah, isi ulang dan periksa kebocoran pada sistem.

8. Bersihkan Radiatornya

Cegah kepanasan dengan menghilangkan kotoran dengan sikat lembut dan cuci bagian luar pemanas dengan deterjen larutan.

9. Tes Baterai

Periksa terminal baterai dan kabel untuk memastikannya terpasang dengan aman dan bebas dari korosi. Jika baterai memiliki penutup yang dapat dilepas, periksa tingkat cairan setiap beberapa bulan, terutama di iklim yang lebih hangat.

Perawatan Rutin Setiap Dua Hingga Empat Tahun

1. Kuras dan Tiriskan Sistem Pendingin

Mengingat rumitnya mengumpulkan dan membuang antibeku lama dengan aman, Anda dapat menyerahkannya ke toko.

2. Penggantian Oli Transmisi Otomatis

Banyak model mengharuskan Anda mengganti cairan dan menyaring setiap 36.000 mil – lebih cepat jika cairan yang biasanya berwarna merah muda berubah menjadi coklat. Dengan beberapa mobil, cairan, dan jika tersedia, filter dapat menempuh jarak 100.000 mil atau lebih. Dengan model terbaru lainnya, cairan transmisi tidak perlu diganti. Konsultasikan manual pemilik Anda untuk informasi ini.

3. Ganti Sabuk Penggerak dan Selang

Lakukan setiap dua hingga tiga tahun, meskipun tidak aus. Jika walking belt berisik, sesuaikan.

4. Ganti Sabuk

Jika kendaraan Anda memiliki sabuk, bukan rantai, ikuti interval penggantian yang direkomendasikan pabrikan, biasanya setiap 60.000 hingga 80.000 mil. Konsultasikan manual pengguna atau konsultasikan dengan dealer Anda. Kegagalan mengganti timing belt dapat menyebabkan perbaikan mesin yang sangat mahal jika belt putus.

Gunakan penaksir perbaikan otomatis kami untuk memeriksa harga perawatan dan perbaikan di wilayah Anda.

Tinggalkan Balasan