Cara Merawat Mobil Baru, Lakukan Ini Agar Awet!

3. Mencuci Mobil

Cobalah untuk mencuci mobil Anda setiap minggu, jika memungkinkan. Cuci bodywork dan, jika perlu, bilas spatbor dan pipa air bagian bawah bodi mobil untuk menghilangkan kotoran dan garam dari jalan. Saatnya waxing saat partikel air sudah tumbuh seperempat.

4. Pemeriksaan Lain di Setiap Penggantian Oli

Untuk pengendaraan normal, banyak pembuat mobil merekomendasikan penggantian oli mesin dan filter setiap 7.500 mil atau enam bulan, mana saja yang lebih dulu. Itu seharusnya cukup untuk sebagian besar atlet. Untuk pengemudi “hardcore” – start yang sering, cuaca sangat dingin dan perjalanan singkat, kondisi berdebu atau trailer derek – interval penggantian harus dikurangi menjadi setiap 3.000 mil atau tiga bulan.

Baca Juga: Honda N-Box 2024 Diluncurkan di Jepang Dengan Gaya dan Fitur yang Ditingkatkan

5. Periksa Filter Udara

Lepaskan elemen filter udara dan paparkan ke cahaya yang kuat. Jika Anda tidak melihat cahaya, gantilah. Bagaimanapun, ikuti interval perawatan yang disarankan.

Uji boot umum CV pada kendaraan berpenggerak roda depan dan beberapa kendaraan berpenggerak empat roda, periksa sepatu bot karet ini, juga dikenal sebagai sepatu bot CV, di poros penggerak. Segera ganti jika ada yang sobek, retak atau bocor. Jika kotoran mencemari sambungan CV, dapat dengan cepat menyebabkan perbaikan yang mahal.

6. Periksa Sistem Pembuangan

Jika Anda ingin memeriksa undercarriage, periksa karat yang perlu diganti. Pada saat yang sama kencangkan klem yang longgar. Lakukan ini saat kendaraan berada di tanjakan. Jika toko melakukan penggantian oli untuk Anda, minta mereka melakukan pemeriksaan ini. Dengarkan suara knalpot berubah saat mengemudi. Biasanya merupakan ide yang baik untuk mengganti seluruh sistem pembuangan sekaligus daripada memperbaiki bagian-bagiannya pada waktu yang berbeda.

7. Lihat Rem

Bagi kebanyakan orang, wajar jika sistem rem diperiksa dan diservis. Jika Anda mengerem sendiri, lepas semua roda dan periksa remnya. Ganti bantalan atau pelapis yang terlalu aus, serta rotor atau drum motor yang rusak atau diganti. Rem harus diperiksa setidaknya dua kali setahun; lebih sering jika Anda melakukan perjalanan jauh. uji cair

Tinggalkan Balasan