Upacara HUT ke-78 RI Jadi Tahun Terakhir, Jokowi: Indonesia Mampu Lalui Tantagan dan Cobaan

JABAR EKSPRES – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa selama 78 tahun terakhir, Indonesia telah mampu mengatasi berbagai tantangan dan kesulitan dengan bekerja sama.

Hal ini disampaikan Jokowi melalui akun Instagram @jokowi sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-78 Indonesia, yang berlangsung di Jakarta pada hari Kamis.

“Sudah 78 tahun sejak para pejuang dan pendiri bangsa ‘menghantarkan bangsa Indonesia ke ambang pintu kemerdekaan’ yang cita-citanya tidak berubah hingga hari ini, menjadikan Indonesia negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” kata Jokowi tertulis di akun Instagramnya.

BACA JUGA : Meski Sepatu Lepas, Paskibraka Pembawa Baki Tetap Tuntaskan Tugas Upacara HUT ke-78 RI di Istana Negara

Ia kemudian mengatakan bahwa berbagai tantangan dan kesulitan berhasil diatasi berkat kerja sama semua pihak.

“Selama kurun waktu 78 tahun, Indonesia telah mengalami berbagai tantangan dan kesulitan yang dapat kita lalui berkat semangat gotong royong yang menjadi jati diri bangsa ini. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh,” katanya.

Jokowi mengatakan bahwa Indonesia kini bersiap menghadapi tantangan baru dalam konteks persaingan antar negara yang semakin ketat.

Menurutnya, pada tahun 2030, Indonesia akan memasuki masa bonus demografi, dimana lebih dari separuh penduduk Indonesia akan berada di usia produktif.

BACA JUGA : Meski Sepatu Lepas, Paskibraka Pembawa Baki Tetap Tuntaskan Tugas Upacara HUT ke-78 RI di Istana Negara

Dengan persiapan sejak dini, pihaknya optimis masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan bonus demografi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

“Kesempatan ini hanya akan datang sekali, tidak akan terulang lagi, jadi kita persiapkan dari sekarang. Selamat ulang tahun Republik Indonesia,” kata Jokowi.

Dalam unggahan tersebut, Presiden Jokowi menyertakan sebuah video animasi yang memperlihatkan masa-masa proklamasi kemerdekaan Indonesia hingga saat ini, di mana Indonesia telah merdeka dengan berbagai macam perkembangannya.

Pada Kamis pagi, Presiden Jokowi menjadi pembina upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Pada Kamis malam, Jokowi akan kembali memimpin upacara penurunan bendera di tempat yang sama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan