Laut Singapura Untuk Meningkatkan Investasi Shopee di Tengah Kebangkitan TikTok

JABAR EKSPRES – Grup teknologi yang berbasis di Singapura Sea akan “meningkatkan” investasi dalam bisnis belanja daringnya di semua pasar, kata perusahaan itu pada hari Selasa (15/8).

Hal tersebut untuk menghadapi persaingan yang lebih ketat di kawasan ini dari pendatang baru seperti TikTok.

TikTok, platform video pendek milik raksasa teknologi China ByteDance, akan meluncurkan layanan belanja online TikTok Shop pada 2021, dimulai di Indonesia. TikTok Shop telah berekspansi ke pasar regional lainnya, di mana unit e-commerce Sea Shopee, Lazada, Alibaba, dan Tokopedia Indonesia telah mendominasi.

Selama panggilan pendapatan hari Selasa, Sea Forrest Li, Ketua dan CEO, mengatakan lanskap e-commerce melihat “pertumbuhan yang beragam dalam keterlibatan pengguna” melalui streaming langsung, video pendek, dan program afiliasi dengan influencer, tidak secara khusus menyebutkan TikTok.

“Pengembangan seperti itu memberi kami peluang baru untuk tumbuh dan memperluas pasar jangka panjang kami yang menguntungkan,” kata Li.

Perusahaan tidak mengungkapkan angka apa pun terkait investasi tersebut. Harga saham Sea sempat turun lebih dari 28% pada awal perdagangan New York.

Shopee mengambil alih TikTok dengan meluncurkan fitur streaming langsung pada tahun 2019. Perusahaan telah memperbarui fokusnya pada fitur-fitur populer dan dalam kategori seperti mode, kesehatan, dan kecantikan, area di mana TikTok menjadi kekuatan.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Nilai Ekonomi Indonesia Semakin Membaik

Li mengatakan kampanye streaming langsung di Indonesia bulan lalu melihat volume transaksi meningkat 12 kali lipat dari rata-rata harian karena jumlah pembeli meningkat 10 kali lipat.

CEO Yanjun Wang mengatakan perusahaan memiliki “keuntungan” dalam mengonversi pesanan pembeli secara lebih efisien dengan layanan logistik dan pembayaran terintegrasi. Tetapi Li memperingatkan bahwa investasi semacam itu akan “berdampak” pada hatinya dan “dapat menyebabkan kerugian bagi Shopee dan seluruh tim kami selama jangka waktu tertentu”. Ia menambahkan, hal ini tidak mengubah tujuan perseroan untuk swasembada dan peningkatan pengendalian biaya.

Persaingan sengit datang pada saat yang sulit bagi Sea, karena investor menuntut arah keuntungan yang lebih jelas setelah bertahun-tahun mengalami kerugian besar. Meskipun Shopee diperkirakan menguasai hampir setengah dari pangsa pasar e-commerce Asia Tenggara, perusahaan tersebut juga mengalami pertumbuhan yang lambat menyusul wabah yang disebabkan oleh pandemi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan