Cara Panjang Umur, Lakukan Kebiasaan Ini! Jangan Makan Larut!

JABAR EKSPRES- Ingin umur kamu panjang? Ternyata kebiasaan-kebiasaan ini dipercaya bisa memperpanjang umurmu!

Seorang peneliti dan penulis yang mengkaji individu-individu dengan umur panjang di berbagai negara yang termasuk dalam Zona Biru, yakni Dan Buettner, telah mengungkapkan empat kebiasaan orang-orang tersebut yang menyebabkan mereka hidup lebih lama. Demikian diinformasikan oleh Times of India pada hari Selasa.

Zona Biru (Blue Zones) merupakan suatu proyek dari Quest Network, Inc, yang mempelajari wilayah-wilayah di dunia di mana penduduknya cenderung hidup lebih lama dan sehat.

Para ilmuwan mengelompokkan tempat-tempat ini berdasarkan kemampuan penduduknya untuk hidup lebih lama dibandingkan populasi di tempat lain di dunia.

Lima daerah Zona Biru yang telah diidentifikasi adalah Okinawa (Jepang), Loma Linda (California, AS), Semenanjung Nicoya (Kosta Rika), Ikaria (Yunani), dan Sardinia (Italia), di mana terdapat desa pegunungan di mana penduduknya mencapai usia 100 tahun.

Walaupun terkadang kebiasaan sehari-hari kita tampak sepele, nyatanya faktor-faktor ini memiliki dampak besar dalam menentukan kesehatan, kebahagiaan, serta rentang hidup kita. Ini meliputi bagaimana kita menghabiskan pagi, siang, sore, dan bahkan malam hari.

 

Baca juga:  Tips and Trik untuk Mengatasi Susah Tidur

 

Berikut adalah empat kebiasaan malam yang diterapkan oleh individu-individu dari Zona Biru:

Menjaga Konsistensi Jadwal Tidur

Menjaga jadwal tidur yang konsisten, dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, ternyata dapat memberikan kontribusi pada umur yang lebih panjang.

Istirahat Malam yang Memadai

Menurut pandangan Zona Biru, mereka yang ingin mencapai usia panjang seharusnya tidur selama 8 hingga 10 jam setiap malam. Hal ini membantu merevitalisasi otak dan tubuh. Tidur yang cukup dapat meningkatkan kinerja otak, sistem kekebalan tubuh, dan tingkat energi.

 

Memiliki Waktu untuk Bersantai

Meluangkan waktu untuk bersantai memberikan kesempatan bagi pikiran dan tubuh untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Cara melakukannya berbeda-beda antara individu, dan juga dapat bervariasi antara daerah Zona Biru yang satu dengan yang lain.

 

Baca juga:  Tips Merawat Wajah Sebelum Tidur, Sudah Pernah Coba Belum?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan