Profil Winda Utami, Penerjemah Bahasa Isyarat Upacara 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka

JABAR EKSPRES – Berikut profil Winda Utami, penerjemah bahasa isyarat saat upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka.

Winda Utami diketahui pada HUT ke-77 RI tahun 2022 lalu, juga bertugas sebagai penerjemah bahasa Isyarat.

Tahun sebelumnya, Winda Utami viral dan banyak dikenal usai aksinya saat menerjemahkan lagu “Ojo Dibandingke” yang dinyanyikan oleh Farel Prayoga.

Wanita yang begitu piawai menggerakkan tangan hingga mimik mukanya tersebut, memiliki cara yang asyik ketika menerjemahkan lagu “Ojo Dibandingke” ke dalam bahasa isyarat.

Hingga viral ketika dirinya menerjemahkan lagu dengan sesekali diselingi jogetan hingga menarik perhatian warganet.

Kini, di upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun 2023 Winda Utami kembali menyita perhatian publik saat menerjemahkan lagu “Rungkad” yang dinyanyikan oleh Putri Ariani di Istana Merdeka.

Menjadi ciri khasnya lagi, ia juga menerjemahkan lagu “Rungkad” dengan menggerakkan tangannya yang memberi isyarat sembari berjoget agar memberi suasana yang sama kepada penonton tunarungu.

BACA JUGA: Peringati HUT ke-78 RI, Warga Kabupaten Bandung Barat Meriahkan Karnaval

Lalu siapakah Winda Utami?

Profil Winda Utami sebagai penerjemah bahasa isyarat saat upacara 17 Agustus 2023 sebagai berikut.

Mengutip dari PDDikti, Winda sudah menempuh gelar S1 di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan mengambil jurusan Psikologi.

Ia menjadi Juru Bahasa Isyarat (JBI) yang tergabung dalam Lembaga Indonesia Sign Language Interpreter (INASLI).

Diketahui Winda memperlajari bahasa isyarat secara otodidak sejak tahun 2011. Kemudian ia belajar di sebuah Lembaga resmi di Silang ID.

Kiprah Winda di bidang yang ia tekuni tersebut di antaranya pernah menjadi JBI ketika Debat Capres dan Cawapres Pilpres tahun 2014 hingga berbagai kegiatan lainnya seperti konser Yura Yunita dan juga Maliq & D’Essentials.

Itulah profil Winda Utami penerjemah bahasa isyarat saat upacara 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka.

BACA JUGA: Erick Thohir Tanggapi Aksi Lucu Menteri Basuki di Upacara 17 Agustus 2023

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan