Mahasiswa FISIPKOM Universitas Djuanda Laksanakan Aksi Bersih Sungai bersama Masyarakat dan Pemdes Leuwimalang

JABAREKSPRES – Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda menjalankan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Tahun 2023 di Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Rabu (16/8).

Mahasiswa Kelompok 1 ini mengadakan kegiatan bebersih sungai bekerjasama dengan Pemerintah Desa Leuwimalang, Bhabinkamtibmas Polsek Cisarua, Ketua Paguyuban RT, unsur lembaga Desa bersama Karang Taruna Desa, Komunitas ecovillage dan para penggiat lingkungan hidup (Pepeling) dan masyarakat sekitar.

Aksi bebersih sampah di Sungai ini berlokasi di sepanjang aliran sungai yang berada tak jauh dari kantor Desa Leuwimalang.

Diketahui, KKN-T 2023 ini mengangkat tema ‘Bersinergi Membangun Bogor” dengan fokus utama program yang akan dilaksanakan adalah pengentasan stunting, wajib belajar 9 tahun, penguatan UMKM, dan peningkatan partisipasi masyarakat.

Kepala Desa Leuwimalang Bunyamin mengapresiasi para mahasiswa KKN dari Universitas Djuanda tersebut. Menurutnya, Aksi yang akan dilakukan secara serentak bersama-sama ini sebagai bukti kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar terutama sampah.

“Kegiatan atau aksi bebersih sungai digagas oleh rekan-rekan Karang Taruna Desa didukung juga komunitas lainnya. Tentunya langkah ini harus kita support ya karena soal lingkungan hidup dimana ada masalah sampah, secara otomatis jadi tanggungjawab kita bersama. Dan kepekaan itu disadari atau tidak harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu,” kata Bunyamin.

Lebih lanjut, kata Bunyamin, Kegiatan aksi bersih sungai ini bertujuan untuk membersihkan sungai dari sampah, melestarikan ekosistem yang ada di sungai, dan menyelamatkan kehidupan.

“Air merupakan sumber daya alam yang sangat esensial yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup dan lingkungan. Manusia memerlukan air tidak hanya untuk dapat hidup, tetapi juga untuk penghidupan atau aktivitasnya,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Leuwimalang mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam aksi sosial terhadap lingkungan ini.

“Masalah sampah adalah masalah sekaligus juga menjadi tanggungjawab kita semua. Terima kasih kepada rekan-rekan semua yang sudah menyempatkan hadir bersama kami, mudah-mudahan apa yang diniatkan menjadi ladang amal untuk akhirat kelak, Aamiin,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan