Hanya di Klinik Ini, Warga Bandung Barat Dapat Pengobatan Gratis dengan Bayar Pakai Sampah 

JABAR EKSPRES – Klinik Rumah Sehat Mitra Enviro di Desa Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB), menginisiasi pengobatan gratis bagi masyarakat kurang mampu.

Untuk mendapatkan pengobatan, masyarakat bisa membayarnya hanya dengan menukar sampah plastik botol bekas air mineral.

“Rumah sehat mitra enviro ini didirikan oleh Yayasan Bening Saguling Foundation berkolaborasi dengan perusahaan daur ulang sampah plastik yaitu PT Namasindo Plas,” ujar Corporate Secretary PT Namasindo Plas, Betsi Pelangi, kepada wartawan, Senin (14/8/2023).

Betsi Pelangi mengaku, inisiasi yang dilakukan kliniknya tak terlepas upaya memberikan azas kebermanfaatan bagi masyarakat. Artinya, masyarakat kurang mampu juga memiliki hak mendapatkan pelayanan kesehatan sekalipun mereka tak memiliki biaya.

Klinik rumah sehat Mitra Enviro tersebut hanya baru melakukan uji coba praktik dua kali di bulan Agustus. Rencananya, lanjut Betsi, klinik ini dibuka untuk umum pada pertengahan September 2023.

“Animo masyarakat cukup tinggi, karena itu fasilitas kita lengkapi dan rencananya saat buka nanti. Fasilitas kesehatan ini kita buka sepekan dua kali,” katanya.

Betsi memastikan menjalani program tersebut tidak ada kerugian finansial yang dialami. Malahan fasilitas kesehatan ini kedua yang dibangun Namasindo, setelah yang pertama dibuat di Bali.

“Ketika menjalaninya dengan iklas, psien ke klinik rumah sehat mitra enviro semakin bertambah. Kita baru dua kali buka di bulan Agustus ini dan setiap harinya itu ada 50 warga yang berobat,” papar Betsi.

Selain untuk kepentingan kesehatan warga tak mampu, Klinik Rumah Sehat Mitra Enviro tersebut bagian dari CSR yang diperuntukan agar masyarakat sekitar bisa mulai sadar dalam memilah sampah.

“Adanya klinik berbayar sampah ini selain untuk pengobatan juga untuk mengedukasi bagaimana cara memilah sampah plsatik. Karena yang datang berobat bukan hanya masyarakat sekitar saja melainkan masyarakat luar pun ada,” tandasnya. (Mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan