Doa agar Terlindung dari Adzab Kubur

Berikut beberapa doa yang bisa dibacakan agar terlindung dari Adzab kubur yang dilansir dari alquran-sunnah.com

1. Berdasarkan sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari adzab neraka Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah hidup dan mati, dan dari kejahatan fitnah al-Masih ad-Dajjal. (Muslim, no. 128 [588])

2. Diriwayatkan pula oleh Muslim.

Berikut bunyi lafal tersebut:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah al-Masih ad-Dajjal, dan aku berlindung kepadamu dari fitnah hidup dan mati, ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari dosa dan hutang. (HR. Muslim, no. 129 [589])

3. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ وَفِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَشَرِّ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur, adzab neraka, fitnah hidup dan mati, dan dari kejahatan al-Masih ad-Dajjal. (HR. Muslim, no. 131 [588])

4. Diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ.

Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari adzab neraka Jahannam, aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah al-Masih ad-Dajjal, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah hidup dan mati. (HR. Muslim, no. 134 [590])

5. Pada riwayat al-Bukhari,

Doa tersebut disebutkan dengan lafal:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ.
Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur, dari adzab neraka, dari fitnah hidup dan mati, dan dari fitnah al-Masih ad-Dajjal. (HR. al-Bukhari, no. 1377)

6. Dari riwayat al-Bukhari yang lain,

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan lafal doa tersebut sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَفِتْنَةِ الْمَمَاتِ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ.
Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah al-Masih ad-Dajjal, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah hidup dan fitnah mati, Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari dosa dan hutang. (HR. al-Bukhari, no. 832)

Demikian 6 doa agar terhindar dari pedihnya adzab kubur. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan