Cara Mudah Menghafalnya Rumus Kode Sandi Morse Pramuka, Tidak Sembarang Orang Bisa

JABAR EKSPRES – Sebagai seorang pramuka sejati, ada beberapa keahlian yang harus dikuasai, salah satunya tentang sandi morse. Sandi Morse Pramuka merupakan alat komunikasi rahasia yang hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja.

Selain sebagai kode rahasia yang hanya diketahui oleh anggota pramuka, sandi morse juga saat ini jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, mengingat peruntukannya hanya untuk keadaan darurat, atau situasi yang hanya bisa menggunakan kode berupa suara atau tulisan, karenanya sandi morse hanya menggunakan simbol berupa titik dan garis.

Bukan hanya Pramuka, sandi morse juga digunakan untuk kegiatan militer yang membutuhkan kerahasiaan. Karenanya hanya orang tertentu yang bisa dan hafal menggunakan sandi morse ini.

Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sandi morse berarti berupa titik dan garis sebagai pengganti huruf, angka dan tanda baca yang dipakai pada pengiriman dan penerimaan berita telekomunikasi.

Baca juga : Pramuka Wajib Hafal, Inilah Teks Dwi Satya, Dwi Dharma, Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka

Sandi ini dapat dikatakan sebagai suatu media yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi, meskipun dilakukan dengan cara yang terbilang tradisional.

Rumus Kode Sandi Morse

Sandi Morse Pramuka dipelajari untuk memudahkan komunikasi antara anggota pramuka, proses penyampaiannya biasanya dengan menggunakan bantuan berupa peluit yang ditiup. Tujuannya untuk membedakan titik dan strip.

Sebagai contoh, apabila peluit pendek dan panjang dengan perbandingan 1:3 ketukan, satu ketukan untuk titik dan tiga ketukan untuk strip. Selain menggunakan peluit, cara menyampaikannya bisa dengan cara berikut:

Sinar, contohnya senter lampu, lilin, api, dan sebagainya.
Gerak, contohnya bendera, asap, lambaian tangan, dan kedipan tangan.
Denyut listrik, contohnya kabel telegraf.
Tulisan dengan menggunakan tanda titik (.) dan strip (-).

Cara Mudah Menghafal Sandi Morse

Untuk mempermudah menghafal sandi Morse Pramuka, kamu bisa mencoba menggunakan 3 tehnik dibawah ini.

Metode koch

Koch adalah metode yang biasa digunakan untuk menghafal sandi morse dengan sebuah sistem gradua. Yakni dimulai dengan dua huruf yang dapat diulang berulang kali, jarak interval yang ada pada metode ini menggunakan huruf E dan T.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan