1.766 Pelajar SMP di Kabupaten Cirebon Ikuti Lomba Bintang Pelajar

JABAR EKSPRES — Sebanyak 1.766 pelajar dari sekolah tingkat SMP di Kabupaten Cirebon mengikuti kegiatan lomba bintang pelajar, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon.

Dari jumlah 1.766 peserta, tersaring sebanyak 176 siswa yang berhak masuk kedalam grand final Lomba Bintang Pelajar, yang diselenggarakan di Pendopo Bupati Cirebon, Jum’at 11 Agustus 2023.

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengatakan, bahwa kegiatan perlombaan keilmuan seperti ini bisa mendorong para pelajar untuk lebih giat lagi dalam belajar.

BACA JUGA : Awali Proses Pembelajaran, 534 Praja IPDN Diberikan Pendidikan Dasar Mental dan Disiplin Praja

Hal tersebut dikarenakan, para pelajar bisa merasakan secara langsung terkait pemahaman keilmuan yang dimiliki oleh masing-masing peserta.

“Para pelajar jadi lebih sadar bahwa ternyata banyak saingannya. Sehingga, bisa memacu mereka untuk meningkatkan belajarnya,” ujar Imron.

Dirinya berharap, perlombaan ini bisa menyaring siswa-siswa yang berprestasi, khususnya untuk tingkat SMP di Kabupaten Cirebon.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Ronianto menuturkan, bahwa perlombaan ini merupakan salah satu bentuk inovasi pembelajaran bagi para siswa.

BACA JUGA : Pentingnya Jurusan Hubungan Internasional dalam Pendidikan!

Dalam perlombaan ini juga, para siswa bisa bersilaturahmi dengan sekolah-sekolah lainnya, sehingga bisa menjalin pertemanan yang baik. Ini juga menjadi salah satu upaya mencegah adanya tawuran antar pelajar.

“Biasanya hanya berinteraksi dengan rekan sekolah sendiri, sekarang bisa bertemu dengan siswa dari sekolah lain,” kata Roni.

Untuk pelaksanaannya, kegiatan ini diawali dengan seleksi yang dilaksanakan di masing-masing sub rayon.

Jumlah keseluruhan peserta, yaitu berjumlah 1.766 siswa. Namun, setelah adanya seleksi, hanya sebanyak 176 siswa yang masuk grand final.

“Kegiatan perlombaan ini hanya sampai di level kabupaten saja,” jelas Roni. *

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan