Mengulik Filosofi dan Makna Logo HUT Jabar ke-78

JABAR EKSPRES – Dalam rangka merayakan HUT Provinsi Jawa Barat (Jabar) ke-78 pada 19 Agustus 2023, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mengusung tema Jabar Juara Indonesia.

Melalui akun Instagram dari Humas Jabar, Pemprov Jabar juga telah meluncurkan logo resmi HUT Jabar ke-78.

Logo HUT Jabar ke-78 ini membentuk angka tujuh dan dua lingkaran yang membentuk angka delapan yang didominasi dengan warna hijau, biru dan kuning. Berbeda dengan tahun sebelumnya, di lambang kali ini tidak akan ada gambar Gedung Sate.

BACA JUGA: Perihal SPA di Kota Bandung, Pemprov Jabar Belum Dapat ‘Lampu Hijau’ dari DPRD Kota Bandung

Berikut filosofi dan makna dari logo HUT Jabar ke-78.

  • Garis Melengkung (Hubungan Hangat Pemerintah dan Masyarakat)

Dalam proses pembangunan, baik Sumber Daya Manusia (SDM) maupun infrastruktur, Pemda Jabar selalu menekankan untuk kepentingan masyarakat. Hal ini akan membuat hubungan antara Pemda Jabar dan masyarakat menjadi hangat.

Selain itu, garis melengkung menjadi symbol keindahan dan keanggunan. Dengan lanskap Jabar yang begitu mempesona membuat Pemda harus berkomitmen untuk mengoptimalkan keindahan yang dimilikinya. Hal ini akan menjadi mesin pariwisata yang dapat menghadirkan kesejahteraan warga dan meningkatkan ekonomi.

  • Dua Lingkaran yang Beririsan (Berkelanjutan)

Program Jabar Juara yang layak haruslah dilanjutkan karena terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. Ada banyak warga yang telah merasakan manfaat dari program Jabar Juara ini.

BACA JUGA: Permudah Pendataan Penduduk, Pemprov Jabar Luncurkan Aplikasi Sadarka Jabar

  • Anak Panah (Perubahan)

Anak panah yang membentuk angka 7 ini melambangkan perubahan yang terjadi karena inovasi dan kolaborasi pada program Jabar Juara. Hal ini terbukti dengan 500 lebih penghargaan yang diterima oleh pasangan Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum sepanjang periode 2018-2023.

  • Lingkaran (Dunia)

Dunia ini menyimbolkan Provinsi Jabar dapat dikenal dunia dengan beragam prestasi yang dimiliki. Contohnya, Provinsi Jabar menjadi kawah candradimuka atlet-atlet hebat untuk Indonesia. Selain itu, ada beberapa program Pemprov Jabar yang telah mendapatkan perhatian dunia, seperti English for Ulama dan Sekoper Cinta. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan