Jepang Kelola Sampah TPPAS Legok Nangka Jadi Energi Hijau

Jabar Ekspres – Sampah menjadi tantangan yang serius saat ini karena dampak negatifnya terhadap lingkungan dan makhluk hidup. Semua pihak dituntut untuk bekerja sama dalam penanganan masalah sampah untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan lestari pada masa mendatang.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) memulai inisiatif untuk menjalin kolaborasi dengan banyak pihak, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk mengatasi permasalahan sampah.

Salah satunya dengan menyiapkan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Legok Nangka, Kabupaten Bandung. Proyek ini akan membangun fasilitas penampungan dan pemrosesan sampah perkotaan yang berasal dari enam kabupaten/kota di Jabar, yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kota Cimahi, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Bandung Barat. Diperkirakan, TPPAS Legok Nangka akan mampu mengolah sekitar 2.131 ton sampah per hari.

BACA JUGA: Legok Nangka, Inovasi Pertama dan Terbesar di Indonesia

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan progres pengelolaan TPPAS Legok Nangka terus berjalan. Pihaknya secara resmi telah mengumumkan Sumitomo Hitachi Zosen, konsorsium yang berasal dari Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) sebagai pemenang tender proyek tersebut pada 12 Juli lalu.

Ridwan Kamil memaparkan, teknologi yang akan diterapkan di TPPAS Legok Nangka berupa teknologi terbuka. Konsorsium yang mengelolanya akan mengubah sampah tersebut menjadi energi dan akan dibeli PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

“Sampah itu harus dikelola menjadi energi dan energi menjadi bisnis untuk membiayai investasi yang diperuntukkan nilainya tidak sedikit,” tutur Kang Emil.

Sebelumnya, pada Selasa (1/11/2022), di Nusa Dua, Bali, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo telah menandatangani nota kesepahaman tentang penyediaan tenaga listrik dari TPPAS Legok Nangka. PLN mendukung upaya pemanfaatan sampah menjadi energi hijau melalui penyerapan listrik.

Ridwan Kamil mengungkapkan, Legok Nangka akan menjadi solusi dalam penanganan sampah di kawasan Bandung Raya, Sumedang, dan Garut. “Semoga segala urusan dilancarkan sehingga pengelolaan persampahan regional enam wilayah di Jabar memasuki babak baru yang solutif, sarat teknologi, dan komprehensif,” harapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan