Bogor Illustration Fair 2023, Pamerkan 50 Lukisan Digital Karya Anak Bangsa

JABAR EKSPRES – Sejumlah pelaku seni ilustrasi di Kota Bogor membuat gebrakan baru melalui rangkaian kegiatan ‘Bogor Illustration Fair 2023’ yang digelar di Gedung Bogor Creative Center (BCC), Kota Bogor.

Dalam kegiatan yang berlangsung sejak sejak 7 hingga 13 Agustus 2023 ini menghadirkan sejumlah kegiatan seperti workshop, talkshow dan showcase hingga memerkan puluhan lukisan digital karya anak bangsa dari sejumlah daerah.

Ketua Pelaksana Hafidh Muhammad mengatakan, Bogor Illustration Fair 2023 diselenggarakan, sebagai wadah bagi para ilustrator yang ada di Pulau Jawa khususnya di Kota Bogor.

BACA JUGA: ACC Rp 634 Miliar di KUA-PPAS 2024, Komisi IV Berikan Catatan untuk Disdik Kota Bogor

“Acara ini sebenernya wadah dimana kita bisa menunujukan karya-karya illustrator lokal, khusunya di Kota Bogor. Kita juga mengajak beberapa illustrator seperti Depok, Sukabumi dan Jakarta,” ungkapnya saat dijumpai di lokasi acara pada Kamis, 10 Agustus 2023 sore.

Sedikitnya ada 50 karya dari seniman illustator lokal dan nasional yang ditampilkan dalam pameran tersebut dengan mengusung tema bertajuk Belantara Imaji.

“Disini ada 40 karya dari yang di kurasi, lalu ada 10 karya dari illustrator yang udah ternama, memang udah profesional,” terang Hafidh.

Ia menjelaskan, terkait tema Belantara Imaji tersebut sengaja digagas guna memperlihatkan skil dan menggali imajinasi para illustrator dalam menciptakan suatu karya.

“Disini kita temanya Belantara Imaji, dalam artian gimana caranya para illustrator itu berpikir dan bagaimana mereka ber-imajinasi. Intinya kita ingin tahu apa saja yang ada di dalam isi kepala mereka saat berkarya,” tuturnya.

Nantinya, sambung dia, hasil karya dari para peserta tersebut akan dikupas tuntas dalam rangkaian kegiatan lainnya seperti talkshow dan workshop.

“Untuk tanggal 11-13, itu ada workshop, talkshow dan showcase, jadi pameris ini akan kita undang lalu mereka akan cerita. Kira kira mereka gimana sih cara buat karyanya, itu juga kita mengundang beberapa sekolah, pelajar dari bogor yang tertarik di dunia ilustrasi,” bebernya.

BACA JUGA: Resmi Ditunjuk Gubernur Jadi Tuan Rumah Porprov 2026, Pemkot Bogor Bersiap Bebenah Infrastruktur

Ia menambahkan, kegiatan yang digagas bersama teman seprofesinya itu mendapat dukungan dari dinas terkait seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) dan Dinas Kependidikan (Disdik).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan