20 Doa yang Ada Dalam Al Quran, Dobel Pahala Sekali Membaca

JABAR EKSPRES – Membaca atau mengaji Al Quran memiliki banyak keutamaan, apalagi di dalam Al Quran banyak doa yang bisa dipanjatkan. Karenanya dengan rutin membaca Alquran, kita akan mendapatkan dobel keuntungan, yakni pahala kebaikan dari mengaji dan dikabulkannya doa.

Dengan membaca setiap huruf dalam Al Quran maka kita akan mendapatkan pahala satu kebaikan dan akan dilipatkan menjadi 10 kebaikan. Dengan membaca Al quran, maka secara tidak langsung kita juga membaca doa-doa yang ada didalamnya.

Hal itu juga menjadi jawaban, kenapa kadang kita merasa, Allah memberikan semua yang kita butuhkan tanpa kita memintanya, padahal kadang kita tidak menyadari bahwa kita sudah memanjatkan doa ketika kita membaca Al Quran.

Karenanya, orang yang rutin atau istiqomah membaca Al Quran setiap harinya, akan selalu dicukupkan kebutuhannya oleh Allah. Hatinya tenang dan selalu bisa menyelesaikan masalah yang menghampirinya, karena selalu mendapat pertolongan dari Allah.

Baca juga : Agar Segera Diijabah, Baca Dzikir ini Sebelum Memanjatkan Doa

Ada banyak sekali doa yang tercantum dalam Al quran, namun kali ini, kita akan belajar 20 doa terlebih dahulu, agar bisa kita hafalkan bersama.

DIlansir dari laman alquran-sunnah.com berikut 20 doa dalam alquran lengkap dengan petunjuk suratnya.

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

1. Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi. (QS. Al-A’raf: 23)

رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ وَإِلاَّ تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُن مِّنَ الْخَاسِرِينَ

2. Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi.” (QS: Hud: 47)

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِناً وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

3. Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. (QS. Nuh: 28)

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ. رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

4. Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Baqarah: 127-128)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan