1 Rumah di Sumedang Diamuk Si Jago Merah, Kades Padasuka Imbau Waspada Potensi Kebakaran

JABAR EKSPRES – Kebakaran menghanguskan satu unit rumah di Dusun Bojong Rt 01 Rw 02 Desa Padaduka, Kamis 10 Agustus 2023, sekitar pukul 01.00 WIB.

Pasca peristiwa itu, Kepala Desa Padasuka Gomes mengimbau masyarakat tetap waspada. Pasalnya, tak hanya sekedar musim kemarau, kebakaran dapat disebabkan oleh hal-hal lain seperti kelalaian manusia.

“Intinya, hal yang bersifat pencegahan itu saya fokuskan pada ronda. Tidak ada upaya lain jika dilihat dari sistem keamanan masyarakat, misal.” Katanya kepada Jabar Ekspres, Kamis 10 Agustus 2023, di lokasi kejadian.

Gomes mengatakan pentingnya antisipasi dan jangan menyepelekan hal kecil yang berpotensi sebagai malapetaka.

BACA JUGA: Diduga Korsleting, Si Jago Merah Hanguskan 1 Rumah di Sumedang, 2 Unit Damkar Dikerahkan

“Seluruh warga, termasuk yang di rumah juga. Di biasakan untuk cek dapur saat mau tidur atau bepergian, kan. Kemudian di mana menyimpan obat nyamuk bakar, mengganti colokan atau kabel listrik yang sudah jelek atau kualitasnya gampang panas.” Tuturnya.

 

Gomes berharap masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap segala macam potensi kebakaran. Dalam kejadian tersebut, tak ada korban Jiwa.

“Untungnya tak ada korban jiwa, tapi setidaknya menjaga keamanan itu, mutlak sebuah kewajiban bersama. Malah terkait ronda, itu saya sering sampaikan kepada Rw di Desa Padasuka, ronda itu kan berfungsi tidak sekedar untuk menjaga lingkungan dari maling, tapi juga untuk bersilaturahmi dan apabila ada yang sakit dan sebagainya.” Tandasnya.

Sementara pantauan JabarEkspres.com di lapangan, warga setempat bergotong-royong dalam mengamankan serpihan rumah terbakar dan membongkar bangunan rumah korban yang dinilai rapuh dan membahayakan jika dibiarkan.

Diberitakan sebelumnya, sebuah rumah permanen milik Ibu Dedeh ludes dilahap si jago merah. Atas kejadian itu, pihak Damkar Kabupaten Sumedang menaksir kerugian materi sekitar 200 Juta Rupiah.(Mg11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan