Pulangnya Sang Putra Mahkota Thailand Setelah 27 Tahun Menghilang di Luar Negeri

JABAR EKSPRES – Putra kedua Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, yang telah menghabiskan 27 tahun di luar negeri, kembali ke tanah air dalam sebuah momen mengejutkan. Vacharaesorn Vivacharawongse (42), namanya menjadi perbincangan setelah ia tiba secara tak terduga di sebuah panti asuhan yang didukung oleh kerajaan, yaitu Foundation for Slum Child Care, pada hari Selasa (8/7).

Dalam balutan celana jeans dan kemeja hitam santai, Vacharaesorn memamerkan dirinya di depan gambar ayah dan kakeknya, Raja Bhumibol Adulyadej, yang berkuasa selama 70 tahun hingga wafat pada tahun 2016. Dia juga tampak mengucapkan salam kepada para pendukung yang datang untuk menyaksikan kedatangannya.

Baca Juga: Presiden Timor Leste Diundang UEA untuk Hadiri Konferensi Iklim

“Saya sangat bahagia bisa kembali… Setelah 27 tahun pergi,” ujar Vacharaesorn kepada awak media di lembaga amal di Bangkok.

“Dalam pandangan saya, ini seperti memasuki dunia nyata dari mimpi,” tambahnya.

Kunjungan Vacharaesorn ini terjadi di tengah-tengah tantangan yang dihadapi oleh kerajaan. Selain terus mendapat kritik dari pihak oposisi, putri sulung Raja Vajiralongkorn, Putri Bajrakitiyabha Narendira Debyavati, masih dalam kondisi koma sejak Desember 2022 akibat penyakit jantung yang parah.

Tentang kunjungan ini, istana kerajaan hingga saat ini belum memberikan komentar. Sementara Biro Rumah Tangga Istana enggan memberikan tanggapan atas permintaan klarifikasi.

Kembalinya Vacharaesorn mengundang kejutan dari banyak warga Thailand. Sebuah foto dirinya di atas “tuk-tuk” (becak otomatis) di Bangkok, yang ia unggah di halaman Facebook pribadinya pada hari Senin, mendapatkan lebih dari 80.000 pengikut dan ratusan ribu reaksi suka.

Baca Juga: Oposisi Rahul Gandhi Melesat Kembali ke Parlemen

Di media sosial, tagar #SonOfTenReturnToThailand (Anak Kesepuluh Kembali ke Thailand) menjadi trending di Thailand dengan penggunaannya mencapai hampir 390.000 kali di platform X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter).

“Perasaan saya terharu, sudah lama dia pergi. Bagi saya, dia masih dianggap bagian dari keluarga kerajaan,” ujar Angsana Seeprasit, 66 tahun.

Vacharaesorn kini berprofesi di sebuah firma hukum di New York, Amerika Serikat. Ia adalah anak kedua dari empat bersaudara dan merupakan hasil dari hubungan Raja Vajiralongkorn dengan istri keduanya, Sujarinee Vivacharawongse.

Tinggalkan Balasan