Jelang Pemilu 2024, Polri Bentuk Satgas Anti Money Politic

JABAR EKSPRES – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah membentuk satuan tugas (satgas) anti-politik uang untuk memprediksi keresahan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada Pemilu 2024.

“Polri juga akan membentuk Satgas Anti Politik Uang,” kata Kadivhumas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho dikutip dari Antara, Rabu (9/8).

Jenderal bintang dua itu menjelaskan bahwa pembentukan Satgas Anti Politik Moneter dimaksudkan untuk mengantisipasi situasi atau kondisi yang mungkin timbul akibat politik moneter yang mengganggu keamanan masyarakat, menimbulkan kekacauan dan pada akhirnya menciptakan pemilu yang tidak jujur dan adil.

BACA JUGA : DPRD Bandung Barat Usulkan 3 Nama Pj Bupati ke Kemendagri, Siapa Saja?

“Kami siapkan itu juga,” kata Sandi.

Dia mengatakan Polri telah menyiapkan berbagai langkah untuk memastikan Pemilu 2024 berlangsung aman, lancar, dan tertib. Selain membentuk satgas antihoaks, Polri juga menyiapkan operasi kepolisian yang disebut Operasi Mantap Brata.

“Operasi Mantap Brata ini merupakan bagian rutin dari setiap pemilu, Polri pasti akan melaksanakan Mantap Brata untuk menjamin pelaksanaan pemilu,” katanya.

Polri juga bertanggung jawab untuk memerangi berita bohong, menghentikan politik identitas dan polarisasi masyarakat, tambahnya.

BACA JUGA : Anies Baswedan Berikan Jawaban Cerdas Jika Dirinya Tidak Menang di Pilpres 2024

“Kami juga mendapat perintah dari Kapolri untuk mempersiapkan kepolisian dalam menghadapi pemilu, yaitu pertama mempersiapkan personel, mempersiapkan sarana prasarana, mempersiapkan metode-metode yang kita gunakan, mempersiapkan komunikasi dengan masyarakat, mempersiapkan komunikasi dengan stakeholder yang lain,” jelas Sandi.

Tidak hanya itu, lanjut Sandi, Polri juga akan menyiapkan satgas Nusantara yang bertujuan untuk mendinginkan sistem, yaitu bekerja sama dengan seluruh stakeholder lainnya untuk menciptakan kamtibmas agar tidak terjadi perpecahan, mencegah kampanye hitam, mencegah berita bohong, hingga memastikan pemilu yang lancar.

“Jadi kunci utama dari pemilu yang sehat dan terselenggara dengan baik adalah keamanan yang terjamin. Dan dengan keamanan itu, insyaAllah kita bisa selesaikan semua pemilu secara bersama-sama, baik pemilu dan mata rantainya,” kata Sandi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan