Akibat Kebakaran Hebat Menghanguskan Lahan Hutan Gunung Rinjani

Peralatan yang mereka bawa sangat lengkap, mulai dari parang, kapak, kepyok api, hingga pompa punggung. Serta alat-alat canggih seperti CCTV Gunung Kondo, GPS+Kamera, dan perlengkapan kemah.

Baca juga : Kasus Mafia IMEI Ilegal Terungkap! Ribuan Ponsel Berisiko Mati Total 

Tim 3, yang mengakses area melalui Aikbual, berhasil melakukan pemadaman langsung pada titik api. Yang sebelumnya terdeteksi sebagai titik panas nomor 6 dan 7 (berlokasi di lereng Gunung Tain Manuk menuju Gunung Kondo/Sangkareang). Pada sekitar pukul 16.00 Wita, api akhirnya berhasil di padamkan.

Namun, di lereng sebelah barat, di sekitar Kokok Lenek, upaya pemadaman masih terus berlangsung sementara tim terus memantau pergerakan api.

Efek dari kebakaran ini cukup meresahkan, terutama bagi para pendaki. Dua jalur utama menuju puncak Gunung Rinjani pun harus di tutup sementara waktu.

Puncak indah ini dapat di capai melalui enam jalur pendakian, yaitu Senaru, Sembalun, Torean, Timbanuh, Tetebatu, dan Aik Berik, dengan kuota harian sebanyak 700 orang.

Kita berharap situasi ini segera terkendali, dan keindahan Gunung Rinjani kembali bisa di nikmati oleh para pengunjung dengan aman dan nyaman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan