5 Kriteria Manusia Yang Sulit Meninggalkan Maksiat

Baca juga : 4 Benteng Pelindung Manusia Dari Perkara Riba

4. Pemakan Riba

Mereka berpikir “Zaman sekarang kalau ngga riba ngga bisa punya apa-apa”. Rumah KPR, kendaraan leasing, belanja pakai Credit Card. Dan masih banyak lagi gaya hidup yg harus ditunjang dengan riba.

Seakan hidup kaya raya padahal tagihan hutang puluhan bahkan ratusan juta. Siang malam memikirkan tagihan yg terus berbunga. Mereka anggap sepele dosa riba. Padahal dosa riba yg paling ringan saja seumpama berzina dengan ibunya sendiri.

5. Orang yang Taklid buta dan Ghulw pada manusia

Taklid adalah memahami suatu hal dengan cara mutlak dan membabi buta tanpa memperhatikan ajaran Alquran dan hadis. Terkadang, orang taklid buta tidak memperhatikan lagi apa yang diikutinya walau sudah bertentangan dengan Alquran dan hadis.

Ghulw pada manusia adalah berlebihan dalam memuji dan menyanjung seseorang, menjadikan manusia selain Nabi MUhammad sebagai tokoh teladan yang harus didewakan.

Yang bisa menjadi musibah besar adalah ketika seseoranngn merupakan pelaku bid’ah, pecinta musik, perokok, pemakan riba, sekaligus orang yang taklid buta dan ghuluw, maka akan semakin sulit dinasihati untuk meninggalkan kelima keburukan tersebut.

Untuk menghindarinya, mari perbanyak istighfar, agar Allah memberikan kita hidayah dan keistiqomahan dalam islam. **

Tinggalkan Balasan