Sebabkan Puluhan Rumah Warga Rusak, Ini Kata Pelaksana Proyek Underpass Stasiun Batutulis Bogor

JABAR EKSPRES – PT Yasapola Remaja selaku kontraktor proyek pembangunan Underpass Stasiun Batutulis akhirnya angkat bicara terkait proses pekerjaan kontruksi yang berimbas terhadap puluham rumah warga yang alami kerusakan.

Tercatat, sedikitnya ada 21 rumah warga di RW08, Kelurahan Lawaggitung, Kecamatan Bogor Selatan yang berdekatan dengan lokasi proyek yang digawangi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Djka) Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat (BTP Bandung) wilayah Bogor-Sukabumi tersebut mengalami retak-retak pada bagian dinding rumah.

BACA JUGA: Proyek Underpas Batutulis Bogor Sebabkan Puluhan Rumah Warga Rusak

Site Manager dari PT Yasapola Remaja, Dani Radite mengaku, terkait dengan kerusakan rumah warga dampak dari pembangunan Underpass Stasiun Batutulis itu sudah ditindaklanjuti melibatkan tokoh dan paguyuban setempat.

“Sudah kami tindaklanjuti. Kami sudah berkoordinasi dengan Pak RW setempat dan kami sudah mengunjungi rumah warga yang terdampak,” ungkapnya dikutip Selasa, 8 Agustus 2023.

Berdasarkan hasil koordinasi yang sudah dilakukan itu, sambung dia, terkait dengan perbaikan rumah warga yang terdampak akan diperbaiki pada pertengahan Agustus ini.

“Kami sudah berkoordinasi dan sudah komitmen yang diwakilkan oleh RW dan Paguyuban, untuk perbaikannya di pertengahan Agustus ini menunggu pekerjaan pancangnya selesai,” jelasnya.

Pihaknya berjanji, setelah pemasangan paku bumi atau tiang pancang selesai, pihaknya akan langsung memperbaiki rumah warga yang retak akibat getaran dari aktivitas pemasangan tiang pancang proyek pembangunan tersebut.

Dani meyakini, proses pekerjaan pemasangan tiang pancang tersebut diperkirakan rampung pada pertengahan Agustus ini.

“Baru nanti setelah selesai, kami akan langsung perbaik rumah warga yang terdampak. Karena kalau diperbaiki sekarang, khawatir nanti rumahnya rusak lagi karena proses pemasangan tiang pancang masih berlangsung. Jadi kami tunggu selesai dulu baru kami perbaiki,” paparnya.

BACA JUGA: Puluhan Rumah Warga Rusak Akibat Proyek Underpass Batutulis, Wawalkot Bogor Minta Lurah Turun Tangan

Dari 21 rumah warga yang mengalami kerusakan, terang dia, 20 rumah di antaranya mengalami rusak ringan dan satu unit mengalami rusak sedang.

“Kategori rusak ringan itu seperti retak dinding dan kerusakan atap, kalau rusak sedang itu elevasi sambungan lantai patah dan kebocoran dak pada beton rumah,” tandas Deni. (YUD)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan