Ditengah Keterbatasan, Pria Tunanetra asal Cisaat Sukabumi Gigih Ais Rezeki.

JABAR EKSPRES – Pria tunanetra bernama Enceng (47 tahun) masi gigih menyambung hidup meskipun ditengah keterbatasan, pria asal Cigunung kampung cijambe Gang amil Rt4/2 kabupaten Sukabumi itu setiap hari berusaha menjajakan barang dagangannya.

Enceng mulai keluar rumah untuk berdagang sekira pukul 07.00 pagi, dia berjalan dari rumah ke tempat tempat stategis di tengah kota Sukabumi untuk mencoba ikhtiar mengais rezeki.

Enceng yang tidak bisa melihat tidak kesulitan untuk menjajakan dagangannya, sebab dirinya sudah hafal betul setiap tempat yang ia kunjungi untuk berjualan.

BACA JUGA : Motif Alami yang Memikat Buat Jenis Batik Ecoprint Makin Diminati

Bapak 2 anak tersebut saat berjualan tidak jarang mendapatkan hal hal kurang baik, masi banyak saja orang yang suka memanfaatkan keuntungan pribadi ditengah keterbatasan dirinya, hal itu di ungkap Eceng kepada Jabar Ekspres saat di wawancara.

“Jadi bilangnya beli 2 tapi yang engga ada 3 , adalagi yang nawar sampe harga 7ribu deal 11 ribu ngambil 2 tapi uangnya kurang, udah mah nawar kurang lagi,” Ucap Enceng.

Namun dirinya coba ikhlas saja, sebab dirinya tau setiap yang dilakukan pasti ada balasannya.

BACA JUGA : Kisah Aep Warga Desa Singajaya, Hidup dari Menggarap Jutaan Layang-layang 

“Kalo saya mah ya Ngiklasin saja nanti juga ada balasannya, ya asal saya bisa ngegantiin ke sana (bos),” Imbuhnya.

Enceng berjualan dengan berjalan kaki mulai pukul 07.00 dan sampai rumah hampir magrib, dirinya mengaku barang jualannya itu didapatkan dari orang lain, dia hanya menjajakan dan mengambil keuntungan sedikit.

“Saya ambil barang jualan dari orang cikidang, biasanya saya ambil 40 pics, kalo habis semua paling saya dapat 120 ribu, tapi rata rata perhari dapet 70 atau 80 ribu,” Pungkasnya.* Mg(9).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan