Polres Depok Ubah Lintasan Ujian SIM C dari 8 Menjadi S

JABAR EKSPRES – Banyak menuai polemik, akhirnya Polres Metro (Polrestro) Depok telah mengubah lintasan ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C atau roda dua. Lintasan yang sebelumnya berbentuk angka 8 telah diubah menjadi berbentuk huruf S dan beberapa perubahan lain.

Kondisi ini dijelaskan Satuan Lalu Lintas (satlantas) Polres Metro Depok dalam unggahan terbarunya di Instagram, Selasa (8/8/2023). Kondisi yang juga diterapkan serentak di setiap wilayah tanah air.

“Perubahan lintasan yang kini menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodasi 4 materi ujian praktik. Tak ada materi zig-zag atau slalom test,” menurut keterangan Satlantas Polres Metro Depok di Instagram, Selasa (8/8).

BACA JUGA : Ratusan Ribu Lahan Tani Hilang di Jawa Barat, Ini Penyebabnya!

Terkait ujiian yang dulu lintasannya membentuk angka 8, sekarang digantikan dengan uji membentuk huruf S.
“Ukuran Ilintasan diperlebar, yang semula 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali dari lebar kendaraan,” penjelasannya.

Lintasan ini tidak hanya diterapkan di Satpas 1221 Polres Depok. Tapi juga di Satpas pembantu seperti di Cinere dan Sukmajaya.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyebut pihaknya tidak lagi menerapkan manuver slalom membentuk angka 8 serta zig zag dalam ujian praktik SIM C.

BACA JUGA : Mantap! Komisi IV Dorong Suntikan Dana Dinsos Kota Bogor Ditambah Rp5 Miliar

“Ada petunjuk dari Korlantas sudah mengeluarkan ketentuan ini. Ini kami mulai sosialisasikan,” ujar Latif dikutip dari situs Humas Polri, Jumat (4/8).

Adapun manuver slalom membentuk angka 8 saat ini diganti dengan bentuk huruf S.

Untuk jalurnya pun diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

“Intinya, ada beberapa dianggap sulit, tetapi tidak mengurangi keselamatan dan keahliannya,” katanya. (Mg10)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan