Revitalisasi Kawasan Jalan Ganesha ITB

JABAR EKSPRES – Penataan kawasan Jalan Ganesha oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendapat dukungan dari Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB Kampus Ganesha berusaha untuk melakukan pengintegrasian kawasan tersebut dengan menyiapkan beragam dokumen visioning dan masterplan.

Pembahasan sebelumnya antara Pemkot Bandung dan ITB mencakup desain trotoar dan penampungan Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Ganesha dan Jalan Gelap Nyawang.

Hasil kunjungan Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, beserta jajarannya beberapa waktu lalu menunjukkan beberapa interface milik Pemkot Bandung dengan tanah ITB yang akan direvitalisasi. Kawasan yang akan direvitalisasi meliputi Masjid Salman, Gedung Yankes, Taman Ganesha, area sekitar koridor Jalan Gelap Nyawang, dan Jalan Skanda.

“Implementasi penataan kawasan Ganesha dengan pendanaan dari NPHD Pemprov Jawa Barat adalah perapihan area di sisi utara Jalan Ganesa (area sekitar gerbang timur dan barat Kampus ITB di Jalan Ganesa),” tulis Direktorat Pengembangan ITB, dilansir dari ITB.

BACA JUGA: ITB Telah Siapkan Masterplan Revitalisasi Kawasan Ganesha

Implementasi penataan kawasan Ganesha akan menggunakan pendanaan dari NPHD Pemprov Jawa Barat untuk melakukan perapihan area di sisi utara Jalan Ganesa, khususnya area sekitar gerbang timur dan barat Kampus ITB di Jalan Ganesa.

Rencananya, penataan kawasan di area gerbang utama ITB akan melibatkan detention swale (saluran air untuk menampung banjir sementara) serta sumur resapan di sepanjang jalur pedestrian. Dengan demikian, gerbang utama ITB Kampus Ganesha akan menjadi lebih ramah terhadap pejalan kaki.

Selain memberikan jalur pedestrian yang luas di area gerbang utama, penataan ini juga akan menciptakan tempat interaksi sosial bagi masyarakat. ITB juga akan memperhatikan aksesibilitas bagi difabel dengan menyediakan jalur khusus untuk mereka.

ITB berharap bahwa dengan penataan kembali kawasan Jalan Ganesha ini, akan terjadi pengembangan dan pemanfaatan ruang hijau yang lebih baik di Kota Bandung. Semoga revitalisasi kawasan ini memberikan manfaat positif bagi warga dan masyarakat secara keseluruhan. (*)

BACA JUGA: Jalan Ganesha akan Ditata, Pemkot Bandung Gandeng ITB

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan