Terus Kembangkan Senjata Nuklir, Kim Jong-un Periksa Pabrik Senjata

JABAR EKSPRES – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tampaknya telah mengunjungi beberapa pabrik senjata utama minggu lalu untuk tujuan seperti menanggapi rencana latihan militer oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Amerika Serikat, dan berniat mengekspor senjata, Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan pada hari

Pemimpin Korea Utara itu menginspeksi beberapa pabrik senjata utama, termasuk pabrik yang memproduksi amunisi untuk peluncur roket besar dan mesin untuk rudal jelajah strategis.

BACA JUGA : Tiga Penikaman Meneror Korea Selatan dalam Dua Pekan: Warga Panik, Ancaman Pembunuhan Muncul di Jagat Maya

Kunjungan ini dilakukan setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat berencana untuk mengadakan latihan militer tahunan, yang dijuluki Ulchi Freedom Shield, akhir bulan ini.

Kunjungan ini juga dilakukan di tengah spekulasi bahwa Korea Utara mungkin akan mengekspor senjata ke Rusia untuk digunakan dalam perang Rusia-Ukraina.

“(Kunjungan Kim kali ini) memiliki banyak tujuan, untuk memamerkan pencapaian negara tersebut di sektor pertahanan, menanggapi latihan militer gabungan Seoul-Washington dan upaya ekspor senjata. “, kata Koo Byoung-sam, juru bicara kementerian dikutip dari Antara, Senin (7/8).

BACA JUGA : Tragedi Kereta Tergelincir di Pakistan: 30 Orang Tewas dan 60 Luka-luka

Koo mengatakan bahwa ia “sangat disayangkan” bahwa Korea Utara terus mengembangkan senjata nuklir, rudal balistik antarbenua (ICBM) dan senjata konvensional dengan mengorbankan rakyat Korea Utara.

Selama kunjungan tersebut, Kim pertama kali mengungkapkan istilah “pekerjaan ekonomi pertahanan”.

Para ahli percaya bahwa Pyongyang mungkin mencoba memperkuat mata uangnya dan meningkatkan ekonomi negara yang goyah melalui industri pertahanannya.

“Ini tampaknya merupakan pertama kalinya Korea Utara menggunakan istilah tersebut. Jika ini berarti ekspor senjata, maka sangat disayangkan bahwa Korea Utara secara terang-terangan melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. (yang melarang program nuklir dan senjata negara itu),” kata Koo.

Korea Utara tampaknya sedang berupaya memperkuat kerja sama militer dengan Rusia. Kim menghubungi Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dan pejabat senior Cina selama parade militer 27 Juli.

Dia juga menemani Shoigu ke pameran senjata di Pyongyang, selain meluncurkan serangan pesawat tak berawak pengintai dan meluncurkan ICBM.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan