Makam Dibongkar, Tali Pocong Raib Digondol Maling

JABAR EKSPRES — Sehari setelah dimakamkan, sebuah kuburan di TPU Kubangkarang, Kecamatan Karangsembung, Kabupaten Cirebon dibongkar tanpa izin oleh orang tidak dikenal.

Kapolsek Karangsembung AKP Agus Hermawan, membenarkan kejadian tersebut, terjadi pada Kamis 3 Agustus 2023.

BACA JUGA: Nekat! Maling Tali Pocong di Kabupaten Cirebon Terjadi Siang Bolong

“Kejadiannya kemarin, pembongkaran kuburan saudari S (36), meninggal pada Selasa malam rabu, paska operasi pengangkatan kista dia tidak kuat lalu dibawa ke rumah duka dimalam yang sama,” katanya, Jumat 4 Agustus 2023.

Keesokan harinya Kamis 3 Agustus 2023, ditemukan kuburan tersebut dalam kondisi sudah terbuka, dengan kain kafan, tali, dan kayu bambu berada di atas kuburan.

“Jam 1 (siang) lebih, ada orang yang melihat lagi ngegali, orang yang melihat tidak curiga karena disangka mau memasang maesan atau ngejahul,” ujarnya.

Selang beberapa jam kemudian, sekitar pukul 15:30 WIB peziarah yang hendak membersihkan makam keluarganya, menemukan makam tersebut terlah terbongkar.

“Lalu jam 15:30 wib sudah terbongkar diketahui oleh warga, dengan keterbatasan alat bukti yang ada disekitaran CCTV ada satu tapi hasilnya kurang akurat, ada dua orang tinggi badag memakai kendaraan roda dua, bawa bacul,” ucapnya.

Pihaknya memastikan bahwa dari pembongkaran makam tanpa izin tersebut, sebanyak satu helai tali pocong pada bagian kaki hilang.

“Jadi itu digali, bambunya diangkat, tali iket kaki, badan dan kepala dibuka, kain kafannya itu ditarik, jadi jenazah itu utuh ada di bawah, ada satu yang hilang satu, tali bagian kaki yang hilang,” jelasnya.

Mengantisipasi kejadian yang sama terulang, Polsek Karangsembung menghimbau masyarakat untuk tidak mempercayai hal-hal mistis yang belum tentu kebenarannya.

“Kami sudah kumpulkan saksi-saksi sebelum kejadian, pada saat kejadian, dan setelah kejadian, para saksi belum bisa memberikan keterangan detail, jelas kami akan terus selidiki, hari gini di jaman sekarang masih mempercayai tali pocong bisa mendatangkan rejeki, jenazah bukan sedang hamil tapi sakit keras,” bebernya.

BACA JUGA: Geger Pencurian Tali Pocong di Kabupaten Sukabumi, Polisi Langsung Datangi Tempat Kejadian

Menurutnya pihak keluarga, telah mengiklaskan kejadian tersebut dan tidak berniat melaporkannya.

Tinggalkan Balasan