16 Ribu ASN akan Pindah ke IKN, Begini Soal KPR Rumahnya

JABAR EKSPRES – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyiapkan 16 ribu ASN, yang nantinya akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Informasi tersebut sudah dibahas dalam rapat terbatas, seperti yang dipaparkan Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas totalnya sebanyak 16 ribu. Di antaranya 11 ribuan untuk ASN dan sisanya dari TNI dan Polri.

Ia juga mengatakan khusus untuk IKN, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, pemerintah memiliki persiapan secara khusus, di antaranya telah dilaksanakan penilaian siapa saja dan berapa yang akan pindah ke IKN.

Azwar Anas mengugkapkan bahwa dalam revisi UU ASN sudah dibuka kemungkinan untuk eselon II, dapat diisi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Namun diketahui masih terbatas untuk pemeritah pusat dan IKN.

Azwar Aas menjelaskan berbagai tenaga yang diperlukan di eselon II untuk percepatan, sudah diantisipasi dan RUU ASN.

BACA JUGA: Peran Perusahaan Swasta di Indonesia Kawasan Nusantara (IKN)

Penilaian oleh pemerintah melalui Kementerian PANRN dan BKN. Diketahui persipan sudah 90 persen.

Sementara itu, nasib rumah ASN di IKN akan disiapkan lebih baik dibadingkan di Jawa. Hal ini disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

“KPR dengan luasan yang cukup dengan bangunan yang lebih baik daripada yang di Jawa, di Jakarta, luasannya,” ujar Menteri PUPR Basuki dikutip dari Antara.

Adapun untuk skema pembiayaan KPR nya, saat ini masih dalam pembahasan dengan PT Bank Tabungan Negara (Perser) Tbk supaya besaran biayanya tetap terjangkau.

BACA JUGA: Peran Perusahaan Swasta di Indonesia Kawasan Nusantara (IKN)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan