Peran Generasi Muda Cegah Stunting Demi Capai Indonesia Emas 2045

JABAR EKSPRES – Peran generasi muda mencegah stunting salah satunya untuk mencapai Indonesia emas 2045.

Pada tahun 2045, Indonesia akan genap usianya 100 tahun. Hal inilah yang menjadi kunci generasi muda dalam mempersiapkan Indonesia Emas 2045.

Remaja yang kini berusia 20 tahunan, pada tahun 2045 akan menginjak usia sekitar 40 tahun ke atas, yang mana usia tersebut adalah puncak karir bagi profesional.

Generasi muda menjadi SDM Indonesia dalam menentukan kemajuan bangsa di masa emas nantinya.

BACA JUGA: Tekan Potensi Kenaikan, UPTD Puskesmas Paseh Gelar Acara Gebyar Cegah Stunting Bersama 56 Posyandu

Lantas mengapa penting generasi muda mencegah stunting?

Mengutip laman Kominfo, pentingnya masalah stunting untuk diselesaikan karena memiliki potensi mengganggu SDM dan kaitannya dengan tingkat kesehatan bahkan kematian anak.

Stunting merupakan kondisi bayi yang mengalami kekurangan gizi hingga menghambat perkembangan otak dan tumbuh kembang anak.

Bayi yang mengalami stunting akan tumbuh lebih pendek dari standar tinggi balita seumurnya.

Perlu menjadi catatan penting bahwa stunting itu pasti bertubuh pendek. Namun yang memiliki tubuh pendek belum tentu stunting.

Tak hanya itu, generasi muda penting untuk mencegah stunting sebagai upaya menurunkan angka stunting yang juga turut dilakukan berbagai pihak, termasuk anak muda.

Melansir dari laman BKKBN, ada dampak buruk dari stunting selain tinggi bdan yang tidak cukup yaitu kemampuan intelektual di bawah rata-rata dan dihari tua bisa memiliki potensi besar memiliki penyakit non communicable diseas, diabetes, kardiovaskular, metabolic disorder, dan lainnya.

Menurut Turro S Wongkaren selaku Kepala Lembaga Demografi UI, ada peran pemuda yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting.

Mengingat sejarah tentang pemuda Indonesia yang begitu membanggakan, dan tentunya para pemuda di Indonesia memiliki jumlah yang sangat besar yaitu seperempat dari jumlah penduduk.

BACA JUGA: Generasi Muda Faktor Kunci Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Apa saja peran pemuda untuk cegah stunting?

Berdasarkan informasi yang disampaikan Kepala Lembaga Demografi UI, berikut adalah peran pemuda Indonesia dalam mencegah stunting:

  1. Menjaga kesehatan diri sendiri dengan cara berolahraga, makanan sehat dengan gizi seimbang, menjaga kebersihan lingkungan, sanitasi, tidak merorok dan tidak napza.
  2. Mempesiapkan diri untuk menjadi anggota keluarga yang mandiri secara sosial maupun ekonomi dengan pendidikan dan pekerjaan
  3. Menyiapkan diri menjadi orang tua, saat ini memang masih muda akan tetapi suatu waktu akan menjadi tua, maka harus disiapkan dari sekarang, sejak masih muda
  4. Berperan aktif menjadi peer educator yaitu dengan memberi edukasi dan informasi kepada temen sebaya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan