India Raih Predikat Kawasan Paling Kumuh di Asia, Bagaimana Rasanya Tinggal di Sana?

JABAR EKSPRES – Dharavi, yang berlokasi di tengah kota Mumbai, India, baru saja dinobatkan sebagai daerah terkumuh se-Asia. Di sana, rasanya hampir tak mungkin menemukan rumah dengan jamban dan kamar mandi sendiri. Masyarakat di sini bergantung sepenuhnya pada toilet umum.

Dharavi memiliki luas wilayah 2,5 kilometer persegi dan dihuni oleh sekitar 1 juta penduduk. Padahal, menurut laporan Urbz tahun 2016, setiap blok toilet umum hanya berisikan 14 bilik kamar mandi untuk pria dan 14 bilik untuk wanita. Jadi, bisa dibayangkan, setiap bilik harus menampung sekitar 245 orang!

Sayangnya, kondisi toilet umum di sini memang mengerikan. Toilet umum di Dharavi kebanyakan sudah tua dan rusak, bahkan ada yang harus dibayar. Hal ini menyebabkan banyak wanita harus menggunakan toilet secara bersamaan. Sungguh tidak mengenakkan.

Seorang pekerja sosial di Dharavi, Harshada Doiphode, mengatakan bahwa banyak orang bahkan hanya pergi ke toilet satu kali sehari karena kondisinya yang buruk. Hal ini menyebabkan banyak masalah kesehatan dan infeksi.

Baca Juga: Iran Umumkan Libur Nasional Akibat Cuaca Panas Menyengat

Sebagai contoh, ada warga bernama Soni yang harus rela antri setiap pagi untuk bisa menggunakan toilet. Selain itu, dia juga harus membawa air bersih sendiri dari drum besar karena toilet di sana tidak menyediakan air mengalir.

Namun, ada kabar baik. Saat ini, Dharavi telah memiliki Suvidha Center, toilet umum terbesar di India dengan luas mencapai 6.000 kaki meter persegi. Semoga fasilitas baru ini dapat memberikan kenyamanan dan kebersihan yang lebih baik bagi warga Dharavi.

Gedung dua tingkat di dekat tempat Soni dibanggakan karena memiliki 111 toilet umum, kamar mandi, mesin cuci, bahkan menyediakan pembalut bagi para pengguna. Lebih seru lagi, toilet ini telah diresmikan oleh Menteri Pariwisata Maharashtra, Aaditya Thackeray pada tahun 2022 yang lalu.

Soni, yang juga merasa terbantu dengan kehadiran toilet umum baru ini, berkomentar bahwa lokasinya dekat dan lorongnya terang. Selain itu, kebersihan dan air mengalir di toilet ini membuatnya betah berlama-lama di sana. Selain itu, penjaganya sangat ketat dan melarang para pria masuk ke dalamnya, jadi para wanita bisa merasa aman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan