TikTok dan YouTube Shorts Resmi Tantang Pengguna dengan Fitur Video Duet

JABAR EKSPRES – YouTube Shorts, fitur video vertikal yang dimiliki oleh Google, tak mau ketinggalan dengan TikTok dengan merilis fitur video duet terbaru bernama ‘Collab’. Update ini hadir dengan sejumlah fitur baru yang menarik, seperti tambahan efek, stiker lucu, kemampuan siaran langsung, dan fitur lainnya, yang semuanya bertujuan untuk memacu kreativitas para kreator.

Menurut pernyataan dari YouTube dalam blog resminya, “Collab adalah alat kreasi baru yang memungkinkan Anda merekam video Shorts dalam format berdampingan dengan video YouTube atau Shorts lainnya.”

Google juga memulai uji coba pengalaman live vertikal, yang akan membantu para kreator agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain di feed utama Shorts.

Baca Juga: BMKG Ungkap 63 Persen Wilayah Indonesia Terdampak El Nino dan Masuki Musim Kemarau

Kehadiran fitur ‘Collab’ ini merupakan respon atas semakin pesatnya pertumbuhan YouTube Shorts yang kini sudah ditonton oleh lebih dari 2 miliar pengguna aktif. Ini mendorong YouTube untuk terus meningkatkan pengalaman Shorts bagi para kreator.

Dengan fitur baru ini, para kreator bisa merekam Shorts dalam format berdampingan dengan video YouTube atau Shorts lainnya. Collab juga menyatu dengan alat editing lainnya, seperti Green Screen dan Cut, yang memungkinkan kreator untuk memotong klip video berdurasi satu hingga lima detik dari video YouTube atau Shorts dan menggabungkannya dalam Shorts mereka.

Baca Juga: TECNO Rilis Pova 5 Free Fire Edition, Simak Spesifikasi dan Harganya

Terdapat berbagai pilihan tata letak berdampingan dalam Collab, sehingga para kreator bisa berkreasi dengan lebih banyak variasi dalam satu video.

Collab akan tersedia lebih dulu di perangkat iOS dan menyusul di Android.

Tak hanya itu, YouTube juga menambahkan stiker Tanya Jawab (QNA) yang memungkinkan para kreator untuk berinteraksi dengan audiens mereka dengan bertanya dan mendapatkan tanggapan melalui kolom komentar.

Selain itu, para kreator kini bisa membalas komentar dengan video pendek, yang memungkinkan mereka untuk melanjutkan percakapan dengan cara yang serupa seperti yang ada di TikTok.

Sejak debutnya, YouTube Shorts telah mengalami pertumbuhan yang pesat, terutama berkat integrasi yang kuat dengan platform YouTube. Pada tahun sebelumnya, sekitar 1,5 miliar pengguna YouTube telah menonton Shorts, dan jumlah tersebut meningkat sebanyak setengah miliar lagi pada pengumuman pendapatan bulan ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan