Album Kedua Hindia: Tidak Bisa Kalahkan Album “Menari dengan Bayangan”

JABAR EKSPRES – Hindia, yang dikenal dengan nama panggung Baskara Putra, menyatakan bahwa album keduanya “Lagipula Hidup Akan Berakhir” tidak akan dapat mengalahkan pencapaian album pertamanya “Menari dengan Bayangan”.

Pencapaian yang dimaksud adalah jumlah pemutaran lagu di platform musik digital.

“Enggak bisa dikalahkan sih album pertama, ini saya berbicara dalam konteks angka ya dan berapa banyak yang dengar, dalam satu album itu lagu yang tembus 100 juta (kali didengar) saja ada tiga,” kata dia pada private showcase di Jakarta seperti dikutip JabarEkspres.com dari Antara News pada Rabu, 2 Agustun 2023 malam.

Album pertamanya memiliki beberapa lagu yang mencapai jumlah pemutaran sebanyak 100 juta kali, bahkan ada tiga lagu yang mencapai angka tersebut.

Baca juga: Film Horor Mantra Surugana Menceritakan Tentang Bangkitnya Sosok Iblis Lewat Mantra dan Kutukan

Beberapa lagu tersebut, seperti “Evaluasi” dan “Secukupnya,” bahkan telah didengar sebanyak 700 juta kali di seluruh platform musik digital, tanpa bantuan pemasaran.

“Saya merasa dari awal membuat album kedua jauh-jauh hari, ya enggak bisa seperti album pertama, keadaannya secara mental dan kreatif sudah enggak di situ, ya pasti hasilnya yang keluar juga berbeda,” pungkasnya.

Hindia menyadari bahwa mencapai keberhasilan luar biasa seperti itu cukup sulit untuk dilampaui kembali dalam album keduanya.

Menurutnya, keadaan mental dan kreatifnya sudah berbeda dari saat membuat album pertama, dan hasil dari album kedua ini juga akan berbeda.

Meskipun demikian, Hindia tidak terlalu memusingkan angka-angka pencapaian tersebut. Baginya, setiap album memiliki takdirnya sendiri.

Pencapaian luar biasa dalam album pertamanya justru membuatnya merasa lebih bebas dan memiliki kebebasan untuk menciptakan karya-karya selanjutnya.

Album kedua dari Hindia terdiri dari 28 lagu, dan ia merasa bebas untuk mengeksplorasi ide-ide kreatifnya.

Hindia juga merasa bahagia karena manajemen mendukungnya sepenuhnya dalam proses kreatifnya untuk menciptakan lagu-lagu tersebut.

Sebelumnya, pada awal Juli, Hindia telah meluncurkan album terbarunya yang berisi hampir 30 lagu.

Hal ini membuatnya merasa senang karena dapat menciptakan begitu banyak lagu dengan kebebasan tanpa ada larangan dari manajemen.

Tinggalkan Balasan