Ternyata Ada Mitos Telur Bikin Kolesterol Melonjak, Benarkah?

JABAR EKSPRES – Banyak orang yang terpengaruh oleh mitos bahwa makan telur bisa bikin kolesterol tinggi. Akibatnya, mereka jadi sering menghindari makan telur karena khawatir kadar kolesterol akan melonjak.

Nah, pertanyaannya, apakah benar makan telur bisa bikin kadar kolesterol naik?

Sebenarnya, tubuh manusia tetap membutuhkan kolesterol, karena itu adalah molekul struktural penting untuk sel-sel tubuh. Selain itu, kolesterol juga berperan dalam pembentukan hormon-hormon penting seperti testosteron, estrogen, dan kortisol.

Menurut dokter spesialis gizi, Inge Permadhi, kolesterol memang memiliki fungsi sangat penting dalam tubuh. Namun, ketika kadar kolesterol berlebihan, bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Itulah yang membuat beberapa orang takut atau enggan mengonsumsi telur.

Tapi jangan buru-buru mempercayai mitos tersebut. Sebenarnya, masih belum jelas apakah makan telur benar-benar bisa menyebabkan kolesterol tinggi atau tidak. Beberapa penelitian bahkan memberikan hasil yang berbeda satu sama lain.

Baca Juga: Tips Cara Merawat Kucing Agar Kesehatannya Tetap Terjaga!

Ada penelitian yang menyatakan bahwa makan telur tidak meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk kolesterol tinggi. Bahkan, ada juga penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi 6-12 butir telur per minggu tidak berdampak negatif terhadap kadar kolesterol total pada orang dengan diabetes.

Jadi, sepertinya masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan hubungan antara makan telur dan kadar kolesterol dalam darah.

Bagaimana dengan jumlah telur yang aman dikonsumsi setiap hari?

Telur memang mengandung kolesterol, terutama pada kuning telurnya. Menurut Inge, satu kuning telur biasanya mengandung sekitar 200 mg/dL kolesterol. Namun, batas asupan kolesterol harian bisa berbeda-beda pada setiap individu.

Bagi orang dengan kondisi hiperkolesterol, disarankan untuk membatasi asupan kolesterol, termasuk dari telur, hingga kurang dari 200 mg/dL. Sedangkan untuk orang dengan kadar kolesterol normal, asupan kolesterol harian yang disarankan adalah tidak lebih dari 300 mg/dL.

Baca Juga: 9 Cara Merawat Bahan Kulit Agar Tetap Awet & Terlihat Bagus!

Jadi, sebenarnya konsumsi satu butir telur per hari bisa dikatakan aman, asalkan Anda tidak mengonsumsi sumber kolesterol dari makanan lain dalam hari yang sama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan