Sebulan Pelaksanaan Pasar Kreatif Bandung, Pemkot Raup Omzet Hingga Rp6,7 Miliar

JABAR EKSPRES – Per tanggal 1 Agustus 2023, Pasar Kreatif Bandung telah genap sebulan pelaksanaannya. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung mengungkapkan bahwa omzet dari acara tersebut telah mencapai Rp6,7 miliar. Angka itu diluar dari Pasar Kreatif Bandung di 23 Paskal karena baru 3 hari terlaksana. Selain itu, masih ada dua lokasi lagi yang akan menjadi tempat Pasar Kreatif Bandung, yakni Kings Shopping Center dan Festival Citylink.

Pasar Kreatif Bandung adalah sebuah acara yang diadakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung bekerja sama dengan Dekranasda Kota Bandung, dengan dukungan dari APPBI (Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia) dan Bank BJB. Pasar ini merupakan kegiatan yang sudah berlangsung sejak tahun 2020, dan edisi tahun 2023 merupakan pelaksanaan yang keempat.

Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah, menyatakan harapannya bahwa omzet Pasar Kreatif Bandung 2023 dapat melampaui capaian tahun sebelumnya, yaitu Rp8,62 miliar pada tahun 2022. Dengan tambahan dua titik pasar lagi dan data dari 23 Paskal yang belum masuk, diharapkan pasar ini dapat mencapai target tersebut.

BACA JUGA: Soal Isu Kebun Binatang Bandung, Pemkot Bandung Punya Bukti Kuat

Pasar Kreatif Bandung 2023 menampilkan 42 persen wajah baru dari pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) asal Kota Bandung. Seleksi wajah baru dilakukan melalui kurasi yang ketat. Selain itu, ada juga sekitar 15 persen pelaku UMKM yang telah konsisten mengikuti Pasar Kreatif sejak pertama kali digelar. Wajah-wajah lama ini merupakan brand UMKM yang sudah stabil dan diharapkan dapat berkolaborasi dengan pelaku UMKM baru.

Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, menyampaikan apresiasinya terhadap produk UMKM Kota Bandung yang dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan zaman. Ia juga merasa bangga dengan desain, paduan warna, dan inovasi produk dari pelaku UMKM Kota Bandung yang telah luar biasa. Salah satu produk jam dari pasar ini bahkan telah menjadi suvenir pada acara G20.

Ema juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan Pasar Kreatif 2023, khususnya pihak mal yang memberikan ruang bagi pelaku UMKM Kota Bandung untuk memamerkan dan menjual produknya. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berterima kasih kepada semua penyelenggara, termasuk pihak mal, yang telah memfasilitasi pelaku UMKM Kota Bandung dalam berpartisipasi dalam pasar ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan