Pentingnya Shalat Berjamaah di Masjid, Laki-laki Wajib Tahu Jangan Sampai Menyesal Nantinya

JABAR EKSPRES – Anjuran melakukan shalat berjamaah di masjid ternyata memiliki banyak manfaat dan keutamaan, karenanya sangat penting diketahui khususnya untuk kaum laki-laki.

Jangan sampai menyesal hanya karena jarang melakukannya, sementara manfaat dan pahala shalat berjamaah di masjid berlipat-lipat banyaknya dibanding shalat sendirian dirumah.

Kenapa Islam sangat menganjurkan melakukan shalat berjamaah dari pada shalat sendiri, hal ini karena shalat secara berjamaan merupakan salah satu pilar utama dalam menegakkan keimanan dan ketakwaan melalui ibadah dari sisi sosial.

Bukan hanya manfaat dari sisi spiritual saja yang akan didapat, melainkan manfaat dari sisi sosial juga sangat penting diketahui.

Baca juga : Rahasia Penetapan Waktu Shalat Lima Waktu yang Belum Pernah Diungkap

Berikut beberapa keutamaan shalat berjamaah di masjid dari perspektif agama dan sosial.

Perspektif  Agama:

1. Ketaatan kepada Perintah Allah

Shalat berjamaah di masjid merupakan ketaatan kepada perintah Allah dalam Al-Qur’an dan Hadits untuk menjaga salat dengan cara berjamaah. Allah SWT berfirman dalam

“Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” (Surah Al-Baqarah ayat 43)

2. Mendapatkan Lipatan Surga

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berwudhu dengan baik lalu pergi ke masjid untuk mengerjakan shalat fardhu, maka dia dalam keadaan shalat selama dia menunggu shalat tersebut, dan baginya pahala seperti pahala haji dan umrah sempurna.” (HR. Ahmad)

3. Penghapus Dosa

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seorang hamba masuk ke dalam masjid, lalu dia shalat dua rakaat sebelum dia duduk, maka Allah akan menghapuskan dosanya.” (HR. Bukhari-Muslim)

Perspektif  Sosial:

1. Membangun Kekompakan Umat

Shalat berjamaah di masjid membantu membangun rasa kebersamaan dan kekompakan dalam komunitas Muslim. Saat semua Muslim berkumpul di masjid untuk salat, hal ini memperkuat ikatan sosial dan persaudaraan di antara mereka.

Baca juga: Jumlah Rakaat dalam Shalat Tahajud, Keutamaan, dan Tata Caranya

2. Meningkatkan Kesadaran Sosial

Melalui shalat berjamaah, umat Muslim lebih sadar akan kebutuhan dan peran sosial mereka dalam membantu sesama. Shalat berjamaah dapat menjadi ajang untuk saling bertemu dan berinteraksi dengan anggota masyarakat yang mungkin sedang mengalami kesulitan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan