Manfaat Terong yang Ternyata Bisa Mencegah Kanker dan Menurunkan Tekanan Darah, Simak di Sini

JABAR EKSPRES- Terong ungu ternyata ada manfaatnya loh dan terong adalah salah satu jenis sayuran yang biasanya digunakan dalam masakan. Selain memiliki rasa yang lezat, terong ternyata memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Terong ungu kaya akan berbagai jenis vitamin, termasuk vitamin A, B kompleks, C, E, D, dan K. Selain itu, sayuran ini juga mengandung zat besi, antosianin, asam elagik, dan fikosianin.Sebagaimana dilansir dari pmjnews.com pada Minggu (30/7/23), berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi terong ungu untuk kesehatan tubuh:

BACA JUGA: 9 Makanan Rendah Kalori Bantu Diet Sehat Kamu!

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Diketahui bahwa hipertensi terjadi ketika tekanan darah mencapai angka 130/80 mmHg. Diperkirakan 45 persen orang dewasa di atas 18 tahun mengalami tekanan darah tinggi, menurut Centers for Disease Control (CDC). Tekanan darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan risiko stroke, aneurisma, gagal jantung, demensia, dan gagal ginjal, menurut Mayo Clinic. Terong ungu dipercaya memiliki kandungan yang dapat menurunkan tekanan darah.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat terong ungu kaya akan bioflavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini membantu mengurangi ketegangan pada jantung, meningkatkan sirkulasi, dan secara umum meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular. Serat yang terdapat dalam terong membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Selain itu, tingkat HDL yang rendah juga dapat menurunkan risiko stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis. Serat dalam terong juga berperan penting dalam mendorong buang air besar secara teratur, mencegah sembelit, dan merangsang sekresi cairan lambung untuk memfasilitasi pemrosesan makanan dan penyerapan nutrisi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

manfaat Terong ungu kaya akan kandungan kalium, kalsium, dan vitamin K, sehingga merupakan tambahan yang baik untuk diet dan dapat meningkatkan kesehatan tulang. Kalium dan kalsium bekerja bersama-sama untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang secara keseluruhan.

  1. Mencegah Kanker

Terong mengandung berbagai senyawa anti kanker, seperti antosianin, solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs), dan asam klorogenat, yang telah terbukti memberikan manfaat perlindungan terhadap risiko kanker. Asam klorogenat, khususnya, membantu mencegah pembentukan sel kanker oleh radikal bebas, serta menghambat pertumbuhan tumor dan proliferasi sel kanker. Senyawa ini juga berfungsi sebagai agen antimikroba, antivirus, dan antiinflamasi, serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan