Film Indonesia akan Dikirim Lagi di Piala Oscar 2024, Ini Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Film

JABAR EKSPRES – Indonesia bakal kirim film lagi ke Piala Oscar 2024 untuk ikut berkompetisi di ajang penghargaan yang digelar di Amerika Serikat itu.

Hal ini disampaikan oleh Deddy Mizwar selaku Ketua Umum Pengurus Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI), Senin (31/7/2023).

Diketahui Deddy Mizwar sudah melakukan pertemuan dengan Komite Seleksi Oscar Indonesia.

Tugas tim juri nantinya akan menyeleksi dan menetapkan satu film Indonesia yang akan jadi delegasi resmi untuk ikut berkompetisi di film asing Academy Awards ke-96 tahun pada Maret 2024.

Ada sembilan orang Komite Seleksi Oscar Indonesia dengan pelbagai latar belakang profesi.  Pemilihannya dilihat menurut kemampuan individu masing-masing.

Sembilan orang Komite Seleksi Oscar Indonesia ini adalah Slamet Rahardjo, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Alim Sudio, Cesa David Luckmansyah, Ratna Riantiarno, Nur Hidayat, Sha Ine Febriyanti, dan Deddy Mizwar.

BACA JUGA: Pemenang Piala Oscar 2023, Cek di Sini!

Syarat Seleksi Film untuk Piala Oscar 2024

Adapun syarat peserta yang berhak mengikuti seleksinya adalah film yang tayang antara 1 Desember 2022 hingga 31 Oktober 2023.

Sekjen PPFI Zairin Zain juga menyampaikan tentunya film tersebut sudah mendapatkan lulus sensor dari Lembaga Sensor Film (LSF).

Tak hanya itu, ada syarat lain di mana film haru sudah ditayangkan secara publik di bioskop komersil, sekurang-kurangnya tujuh hari berturut-turut.

“Sekurang-kurangnya tujuh hari berturut-turut,” kata Zairin Zain dikutip dari Antara.

BACA JUGA: Piala Oscar 2023 Film Everything Everywhere All at Once Libas 7 Award!

Jadwal Pendaftaran dan Penyeleksian

Bagi peserta yang ikut seleksi film ini pendaftaran akan dimulai pada 3 sampai 31 Agustus 2023.

Sementara Komite akan melaksanakan tahap penyeleksiannya pada bulan September 2023.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan