TasteAtlas Menobatkan Rawon Surabaya sebagai Sup Terenak di Seluruh Dunia

JABAR EKSPRES – Penghargaan tinggi baru saja diraih oleh kuliner khas Surabaya, yaitu rawon, yang berhasil dinobatkan sebagai sup terenak di seluruh dunia oleh TasteAtlas pada hari Minggu, 30 Juli 2023.

Bahkan, rawon berhasil mengalahkan sajian ramen dari negeri Jepang dan tom kha gai dari Thailand untuk merebut posisi pertama di hati para pecinta kuliner.

Seperti yang dilansir dari laman TasteAtlas, rawon adalah sajian sup yang kaya aroma, dengan daging sapi yang direbus perlahan.

Cita rasa lezat dari rawon semakin terpancar berkat kehadiran beragam bumbu tradisional yang menggugah selera, seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai.

BACA JUGA: Taukah Kamu ? Rupiah Termasuk ke 5 Mata Uang Terendah Dunia

Akan tetapi, yang menjadi ciri khas sejati dari rawon adalah kuahnya yang berwarna hitam pekat, yang diperoleh dari penggunaan bahan kluwek.

Kluwek dihaluskan bersama dengan rempah-rempah lainnya, sehingga memberikan sentuhan asam dan gurih yang khas, serta warna hitam yang menakjubkan pada hidangan ini.

Rawon yang menggoda selera ini biasanya disajikan dengan nasi hangat, telur asin, kecambah, dan tak lupa, sambal pedas bagi mereka yang menyukai sensasi pedas dalam makanan.

BACA JUGA: Seblak dan 5 Kuliner Khas Indonesia yang Diakui sebagai Warisan Budaya!

Tak hanya memberikan penghargaan pada rawon sebagai sup terbaik di dunia, TasteAtlas juga memberikan rekomendasi beberapa kedai rawon di Indonesia yang memiliki cita rasa paling menggugah.

Salah satunya adalah Rawon Setan, terletak di Jalan Embong Malang I No.78, Genteng, Surabaya.

Julukan “Setan” pada namanya berasal dari kebiasaan warung ini yang hanya buka pada malam hari. Warung rawon ini buka setiap hari, mulai dari pukul 12.00 siang hingga 01.00 dini hari.

Daging rawon yang disajikan di sini begitu besar dan empuk, memikat lidah para pengunjung. Dan tentu saja, cita rasa kuahnya yang begitu memukau selalu berhasil memanjakan lidah para penikmat kuliner.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menyantap sajian rawon terenak di dunia dan kunjungi Rawon Setan di Surabaya yang legendaris itu!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan