Cara Aman dan Sehat Minum Kopi, Perhatikan!

JABAR EKSPRES- Meskipun kopi memiliki manfaat kesehatan, mengonsumsinya secara berlebihan bisa berdampak buruk, seperti halnya dengan makanan atau minuman lainnya.

Menurut American Heart Association, menambahkan gula atau minum kopi dalam jumlah berlebihan dapat mengurangi beberapa manfaatnya.

Terlalu banyak tambahan gula dari krimer atau minuman campuran bisa memiliki dampak negatif pada kesehatan, sedangkan terlalu banyak kafein bisa mengganggu pola tidur seseorang.

Baca juga: Campurkan Kopi dalam Maskermu, Dapatkan Keajaiban Wajah Glowing Seketika

Sebagaimana dilansir oleh Livestrong, konsumsi kafein yang aman untuk sehari-hari adalah sekitar 400 miligram, setara dengan sekitar 4 atau 5 cangkir kopi, menurut Badan Pangan dan Obat-Obatan Amerika Serikat (FDA). Namun, sensitivitas terhadap kafein berbeda-beda pada setiap orang, sehingga beberapa orang bisa merasakan efeknya lebih cepat daripada yang lain.

Baca juga: Khasiat Luar Biasa Kopi Hitam, Menemukan Manfaat Ajaib untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Adapun mengenai manfaat kopi untuk meningkatkan harapan hidup lebih panjang, mayoritas penelitian merekomendasikan konsumsi dalam jumlah ringan hingga sedang, yaitu sekitar dua hingga tiga cangkir per hari, dan lebih baik memilih kopi hitam tanpa tambahan bahan lain.

Jika seseorang tidak menyukai kopi hitam, ada pilihan krimer kopi yang sehat dengan sedikit tambahan gula dan lemak jenuh.

Harapan hidup lebih panjang merujuk pada total tahun yang diharapkan seseorang hidup, tetapi hal ini tidak hanya tentang hidup lama, tetapi juga tentang menjalani kehidupan yang berkualitas selama tahun-tahun tersebut.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan