Amerika Serikat Bantu Australia Produksi Sistem Roket Kendali Mulit Peluncuran untuk Tahun 2025

JABAR EKSPRES – Amerika Serikat membantu Australia memproduksi sistem peluru kendali berpeluru kendali multi-peluncuran pada tahun 2025, sebagai bagian dari peningkatan kerja sama untuk melawan pengaruh Tiongkok yang semakin meningkat di negara-negara kepulauannya, Pasifik.

Kemitraan ini merupakan salah satu dari “beberapa inisiatif yang saling menguntungkan” yang sedang diupayakan Pentagon dengan industri pertahanan Australia, demikian ungkap Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dalam konferensi pers setelah pembicaraan bilateral.

“segera mempercepat akses ke persenjataan prioritas Australia melalui proses pengadaan yang efisien.” kata Austin mengutip dari Antara, Minggu (30/7).

BACA JUGA : Amerika Serikat Beri Bantuan Militer Pada Taiwan Senilai Rp5,2 Triliun

Sebelumnya, Austin dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan Menteri Pertahanan Australia Richard Marles dan Menteri Luar Negeri Penny Wong untuk dialog tahunan, yang dikenal sebagai Konsultasi Tingkat Menteri Australia-AS.

Kedua negara telah meningkatkan upaya kerja sama pertahanan, termasuk rencana Canberra untuk membeli kapal selam bertenaga nuklir sebagai bagian dari kemitraan keamanan tripartit AUKUS.

Austin, yang berbicara dengan Blinken dan rekan-rekan mereka dari Australia, menekankan pentingnya memindahkan kapal selam serang bertenaga nuklir AS ke Australia, sebuah langkah yang telah menimbulkan kekhawatiran bagi para legislator Partai Republik mengenai produksi kapal selam di industri pertahanan negara itu.

BACA JUGA : Anak Presiden Kolombia Ditangkap karena Dugaan Pencucian Uang

“Mengenai AUKUS, saya yakin bahwa akan terus ada dukungan bipartisan yang kuat untuk inisiatif ini,” ungkap kepala Pentagon.

“Inisiatif ini … menghasilkan kapasitas dan sekali lagi membantu kami mencapai visi bersama kami tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” tambahnya.

Blinken menyoroti upaya kedua negara untuk mempertahankan tatanan berbasis aturan internasional, dengan mengatakan bahwa mereka melakukannya dengan melibatkan Tiongkok, sementara

“jika perlu, menentang upaya untuk mengganggu Kebebasan Maritim dan Penerbangan” di Laut Cina Timur dan Selatan.

Blinken mengatakan bahwa Amerika Serikat dan Australia menentang upaya Cina untuk “memperkuat status quo demi menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan”.

Upaya diplomatik China untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan negara kepulauan Pasifik tersebut telah mengkhawatirkan Amerika Serikat dan sekutunya seperti Australia dan Jepang.

Tinggalkan Balasan