10 Khasiat Bawang Putih, Dapat Membantu Risiko Jenis Kanker!

JABAR EKSPRES – Khasiat bawang putih, dengan nama ilmiah Allium sativum, telah digunakan sebagai bumbu dapur dan obat tradisional selama ribuan tahun.

Tanaman khasiat bawang putih ini berasal dari Asia Tengah dan telah menyebar ke berbagai penjuru dunia karena manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Baca Juga: Cara Mengatasi Leher Nyeri dan Kaku dengan Tepat!

Di artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang beragam khasiat bawang putih yang telah diakui oleh berbagai budaya dan diteliti secara ilmiah.

Berikut 10 Khasiat Bawang Putih yang Menarik:

  1. Perlindungan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang telah terbukti meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh manusia.

Konsumsi rutin bawang putih dapat membantu tubuh melawan infeksi, virus, dan bakteri berbahaya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Studi ilmiah menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Senyawa seperti ajoene dan alicin dalam bawang putih berperan dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

  1. Anti-inflamasi Alami

Bawang putih telah digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai agen anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

Hal ini dapat membantu dalam penanganan masalah seperti arthritis dan gangguan pernapasan.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Bawang putih mengandung sejumlah nutrisi penting seperti mangan, kalsium, dan fosfor, yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

  1. Pengatur Gula Darah

Bawang putih dapat membantu dalam mengatur kadar gula darah. Studi menunjukkan bahwa senyawa allicin dapat meningkatkan sensitivitas insulin, membantu penderita diabetes tipe 2.

  1. Sifat Antioksidan

Senyawa antioksidan dalam bawang putih, termasuk flavonoid dan sulfur, membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

  1. Antikanker Potensial

Beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi bawang putih dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung, usus, dan paru-paru.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Bawang putih dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan dan melawan infeksi bakteri berbahaya di saluran pencernaan.

  1. Perlindungan terhadap Infeksi Jamur

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan