Peringati 10 Muharram, Habib Syarief Santuni 500 Anak Yatim

BANDUNG – Dalam memperingati 10 Muharram atau Hari Asyura, Yayasan Assalaam Bandung memberikan santunan kepada 500 anak yatim dari 30 panti asuhan se-Kota Bandung, di Masjid Assalaam Bandung, Jalan Balong Gede, Kota Bandung, Jumat 28 Juli 2023.

Ketua Umum Yayasan Assalaam Bandung, Habib Syarief Muhammad Al Aydrus mengatakan, santunan diberikan kepada 500-an anak yatim tersebut dalam bentuk uang tunai dan alat tulis.

“Alhamdulilah kegiatan santunan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Yayasan Assalaam kepada anak yatim dan juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT,” ucap Habib Syarief Muhammad Al Aydrus.

Habib Syarief mengungkapkan, kegiatan santunan kepada anak yatim sudah dilaksanakan dan digagas pertama kali pada 1935 hingga sekarang dan terus berkembang bahkan Yayasan Assalaam Bandung sudah memiliki 4 pondok yatim di Kota dan Kabupaten Bandung.

“Santunan anak yatim ini sudah berlangsung selama 88 tahun dan rutin dilakukan setiap tahun,” tutur Habib Syarief yang juga menjabat Rois Syuriyah PWNU Jabar ini.

Habib Syarief menjelaskan, Yayasan Assalaam Bandung juga memberikan beasiswa kepada sekira 600 anak yatim setiap tahunnya. Beasiswa tersebut diberikan kepada anak yatim mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga di perguruan tinggi.

“Alhamdulilah mereka (anak yatim) kurang lebih ada 40 anak yang sudah Hafidz Alquran dan kuliah di perguruan tinggi. Jadi, selain Hafidz Alquran, anak-anak yatim ini punya gelar sarjana,” ungkapnya.

“Kami coba terus meningkatkan kepedulian kepada anak yatim. Setiap bulan kurang lebih mengeluarkan santunan Rp 200 juta-an untuk anak yatim. Alhamdulillah rezekinya ada saja. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada jemaah pengajian dan donatur yang sudah menyisihkan rezekinya. Isya Allah dana yang terkumpul kita salurkan dengan amanah,” sambungnya.

Habib Syarief pun berharap, apa yang sudah dilakukan Yayasan Assalaam Bandung menjadi ikhtiar terbaik untuk membantu dan memperbaiki nasip anak-anak yatim.

“Semoga Allah SWT memudahkan langkah kita dalam kebaikan. Meringankan kita dalam memuliakan anak yatim. Memperbaiki keadaan mereka semampu kita,” tandas Dewan Syuro PKB Jabar ini.

Sementara itu, salah seorang penerima bantuan beasiswa dari Yayasan Assalaam Bandung, Monika Fitri (20) mengaku senang dan bersyukur mendapatkan dukungan bisa melanjutkan sekolah hingga perguruan tinggi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan