Pelebaran Jalan di Kolmas Tumbangkan Puluhan Bambu Hingga Menutup Akses Jalan

JABAR EKSPRES – Bongkahan bambu di Jalan Raya Kolonel Masturi (Kolmas), Kabupaten Bandung Barat (KBB), longsor dan menutup akses jalan.

Puluhan pohon bambu itu tumbang tergerus longsor dan menutup badan jalan tepatnya di Kampung Cisarua RT 03 RW 06 Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat, Sabtu (29/7/2023).

Diduga longsornya puluhan bambu hingga menutup akses jalan itu diakibatkan oleh adanya pembangunan pelebaran jalan yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bandung Barat.

BACA JUGA: Dinkes Bandung Barat Menilai Fogging Belum Efektif Basmi Nyamuk

Akibat longsor tersebut, arus lalu lintas di Jalan Raya Kolmas sempat terhambat. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat dan masyarakat setempat bergotong-royong untuk membuka akses jalan.

“Pagi ini saya dapat laporan dari petugas kecamatan Cisarua, telah terjadi longsor bongkahan bambu di jalan Kolmas tepatnya di Curug Pelangi,” ujar petugas lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB.

Berdasarkan laporan yang ia terima, sebelum terjadi longsor. Alat berat beko tengah dikerahkan mengeruk tebing, karena tak ada pengganjal, puluhan bambu itupun ambruk hingga menutup akses jalan.

“Sebelum roboh, posisinya beko ada di atas puluhan bambu itu sedang mengeruk tebing. Karena engga kuat, bambu akhirnya tumbang ke jalan raya,” katanya.

BACA JUGA: Bantah Adanya Pungli, Kepsek: Iuran Inisiatif Orang Tua Siswa

Ia menambahkan, saat ini proses evakuasi yang dilakukan gotong-royong berlangsung beberapa jam setelahnya.

Untuk sementara, akses jalan sudah bisa dilalui meskipun hanya satu lajur. Sementara proses evakuasi masih terus berlangsung, petugas di lokasi pun memberlakukan buka tutup jalur.

“Sekarang perlahan sudah mulai bisa dilalui kembali. Longsor ini karena memang ada pengerjaan pelebaran jalan. Material longsor pun sudah mulai dibersihkan,” tandasnya. (Mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan