Posisi Puncak Elektabilitas Prabowo Subianto Tetap Kokoh

JABAR EKSPRES – Elektabilitas Prabowo Subianto semakin kukuh di puncak hasil survei terbaru yang dirilis oleh Lembaga Survei Nasional (LSN) mengenai dinamika elektabilitas tiga calon presiden (Capres) utama, tujuh bulan menjelang Pemilu 2024.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Prabowo Subianto menunjukkan performa yang kuat dan tidak tergoyahkan, sementara Ganjar Pranowo menunjukkan tren penurunan elektabilitasnya.

Sementara itu, elektabilitas Anies Baswedan mengalami sedikit peningkatan, namun tetap berada di posisi terbawah jika Pilpres hanya diikuti oleh tiga kandidat.

Survei ini dilakukan dalam periode 10 hingga 19 Juli 2023, melibatkan 34 provinsi di seluruh wilayah Indonesia.

Populasi yang menjadi target survei adalah seluruh Warga Negara Indonesia yang telah berumur minimal 17 tahun dan memiliki e-KTP.

BACA JUGA: Masuk dalam Kabinet, Prabowo Dinilai sebagai Jangkar Pemerintahan Jokowi

Sebanyak 1420 responden diambil sebagai sampel dalam survei ini, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak berjenjang (multistage random sampling).

Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan responden yang diarahkan menggunakan kuesioner.

Selain itu, margin of error yang ditetapkan dalam survei ini sebesar +/- 2,6%, dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) mencapai 95%.

Validasi data dalam survei ini mengacu pada data kependudukan yang dikeluarkan oleh BPS.

Gema Nusantara Bakry, selaku Direktur Eksekutif LSN, menjelaskan bahwa berdasarkan berbagai format pertanyaan dan simulasi yang dilakukan, Prabowo Subianto selalu mendominasi baik atas Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan dalam elektabilitas.

BACA JUGA: Prabowo Subianto dan Cak Imin Bertemu, Apakah Ada Pembahasan Cawapres?

“Sebanyak 28,5% secara spontan menyebut nama Prabowo. Sementara yang menyebut nama Ganjar sebanyak 17,6% dan Anies hanya 13,4%.,” ucap Gema dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip pada Rabu, 26 Juli 2023.

Selanjutnya, Gema menyatakan bahwa dalam simulasi pertanyaan tertutup (tentang siapa yang dipilih oleh responden dari 12 nama tokoh yang disodorkan LSN), Prabowo Subianto tetap berada di posisi puncak dengan tingkat elektabilitas sebesar 33,8%.

“Sedangkan Ganjar hanya dipilih oleh 20,2% dan Anies menjadi pilihan 16,4% responden,” ujar Gema.

Demikian pula, ketika LSN membuat simulasi Pilpres hanya melibatkan tiga kandidat, Prabowo semakin mendapatkan dukungan kuat dengan tingkat elektabilitas sebesar 40,5%.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan