Peningkatan Pengangguran di Trenggalek, Upaya Mengatasi TPT!

JABAR EKSPRES – Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengalami peningkatan signifikan sejak pandemi COVID-19 merebak. Sebelum pandemi, TPT berada dalam kisaran 2-3 persen, namun saat ini angkanya meningkat menjadi 4,59 persen. Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, menyatakan bahwa peningkatan ini tidak berarti masyarakat menyerah atau putus asa dalam mencari pekerjaan, melainkan karena banyak yang masih menunggu kesempatan kerja atau mempersiapkan usaha.

“Pasca pandemi COVID-19 tingkat pengangguran terbuka kita meningkat, sebelumnya ada di kisaran dua koma, tiga koma, sekarang angkanya 4,59 persen,” kata Bupati Trenggalek. Dikutip Jabar Ekspres dari Antaranews.

Baca Juga: Gerakan 4M Pemberantasan Nyamuk Demam Berdarah di Kota Tangerang

Salah satu indikasi peningkatan TPT terlihat dari pertumbuhan sektor informal sebesar 12 persen. Data menunjukkan bahwa pekerja di sektor formal mengalami penurunan, sementara yang bekerja di sektor informal mengalami peningkatan. Dulu, hanya sekitar 65 persen yang bekerja di sektor informal, namun saat ini angkanya meningkat menjadi 77 persen.

Untuk mengatasi masalah pengangguran ini, Bupati Arifin telah mengambil beberapa langkah. Di antaranya, mengadakan pelatihan-pelatihan kerja melalui balai latihan kerja dan membuka lowongan pekerjaan dengan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan lokal dan luar daerah. Salah satu langkah yang diambil adalah mengadakan bazaar bursa kerja (job fair) yang diselenggarakan di GOR Gajah Putih Trenggalek selama dua hari pada 26-27 Juli 2023.

Dalam acara tersebut, lebih dari 4 ribu lowongan pekerjaan dari 25 perusahaan dibuka untuk umum. Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memperoleh pekerjaan dan memaksimalkan penyerapan tenaga kerja. Melalui kegiatan job fair ini, diharapkan masyarakat dapat mengoptimalkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka.

Bupati Arifin juga berharap bahwa langkah-langkah yang telah diambilnya dapat meredam laju pertumbuhan TPT di Kabupaten Trenggalek. Dengan adanya pelatihan kerja dan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan, diharapkan akan tercipta peluang-peluang baru bagi para pencari kerja untuk meningkatkan keterampilan mereka dan mendapatkan pekerjaan yang layak.

Baca Juga: Perlindungan Jamsostek, Keamanan dan Kesejahteraan Pekerja!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan