Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anda

JABAR EKSPRES – Otak merupakan anugerah terindah bagi kehidupan manusia. Namun taukah kamu ada makanan yang yang bisa menambah kecerdasan otak anda?

Namun sebelum masuk kebeberapa makanan yang mampu menambah kecerdasan otak, mari kita pahami dulu apa fungsi otak pada tubuh kita. Otak berfungsi sebagai pusat kekuatan saraf, otaklah yang mengendalikan seluruh organ tubuh kita.

Nah dari penjelasan di atas sudahkah kamu paham alasan kenapa kita harus meningkatkan kecerdasan otak kita? Tak perlu khawatir berikut cara meningkatkan kecerdasan dan kekuatan otak terletak pada makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

Berikut 14 makanan untuk meningkatkan kecerdasan otak anda

  1. Roti Gandum Murni, Sumber Energi Otak

Seperti mesin yang perlu bahan bakar, otak membutuhkan energi dalam bentuk glukosa dari karbohidrat. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh, oatmeal, dan beras merah yang memberikan pasokan energi secara bertahap. Penelitian membuktikan, anak-anak yang sarapan dengan gandum murni cenderung memiliki kemampuan memori dan pemecahan masalah yang lebih baik!

Baca juga : Tinggi Badan Ideal Bagi Pertumbuhan Anak Laki-Laki

  1. Ikan Kaya Omega-3, Cerdas Sejak Dini

Omega-3, terutama EPA dan DHA, sangat penting untuk perkembangan otak. Bagi ibu hamil, konsumsi omega-3 dapat meningkatkan kecerdasan kognitif bayi yang akan lahir. Tak hanya itu, asam lemak esensial ini juga melindungi otak dari risiko penyakit Alzheimer. Ikan kembung, salmon, dan sarden menjadi sumber omega-3 yang lezat!

  1. Blueberry, Ramuan Segar untuk Otak Ceria

Mengandung antioksidan tinggi, blueberry membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Dalam uji coba, para relawan yang mengonsumsi blueberry tampil lebih baik dalam tes atensi. Selain itu, daya ingat dan memori spasial juga terbukti meningkat. Jadi, jadikan blueberry sebagai camilan sehat Anda!

  1. Tomat, Penjaga Kesehatan Otak

Tomat mengandung karotenoid likopen, antioksidan kuat yang melindungi sel otak dari kerusakan. Tak hanya itu, likopen juga dapat menurunkan risiko stroke. Jadi, sayur-sayuran berwarna merah menjadi pilihan tepat untuk kesehatan otak yang prima!

  1. Vitamin B, Bermanfaat untuk Pikiran

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan